Beranda » Tampil Maksimal, SMPN 2 Purworejo Berharap Juara Karnaval

Tampil Maksimal, SMPN 2 Purworejo Berharap Juara Karnaval

PURWOREJO, Salah satu peserta karnaval tingkat SD dan SMP di Purworejo yang mendapat aplaus dari penonton yakni SMPN 2. Dalam karnaval yang diadakan pada Sabtu (19/8) itu, SMPN 2 tampil maksimal dengan peserta 200 orang. Dengan iringan marching band yang menampilkan atraksi di panggung kehormatan, SMPN 2 pun tampak berbeda dari peserta lain.

Adapun ke-200 peserta karnaval SMPN 2 itu terdiri atas 85 peserta marching band, 91siswa pendukung, dan guru pendamping. Sesuai dengan tema yakni Colorfull Purworejo, SMPN 2 mengekplorasi serba serbi Purworejo baik dari sisi budaya maupun ciri khasnya.

Ditemui di ruangannya usai karnaval, Kepala SMPN 2, Sutarto, M.Pd kepada Purworejo News menyampaikan, peserta karnaval berasal dari siswa kelas VII hingga IX. Mereka tampil sesuai sub tema.

Nyai Bagelen beserta pasukannya



Colorfull Purworejo kami terjemahkan dalam bentuk sejarah Purworejo baik fisik maupun non fisik. Makanya ada Sejarah Nyai Bagelen dengan putranya. Juga dilambangkan dengan lumbung padi dan sapi yang sudah ada sejak waktu itu,” jelas Sutarto.

Selain itu, lanjutnya, SMPN 2 juga menampilkan hasil pertanian sebagai bentuk pentingnya ketahanan pangan. Lalu ada juga siswa yang berperan sebagai pahlawan dari Purworejo. Yakni WR Supratman, Ahmad Yani, dan Kasman Singodimedjo.

Tak lupa kesenian asli Purworejo Ndolalak serta makanan khas yakni lompong dan geblek yang diaktualisasikan dalam bentuk kostum. Juga clorot yang menghias mobil yang dipakai karnaval.

Sutarto yang juga ikut karnaval pun menyatakan bahwa semua elemen terlibat. Itulah sebabnya saat SMPN 2 tampil, banyak siswanya yang memberikan aplaus meriah. Hal itu terlihat menambah semangat para peserta karnaval.

Lompong yang dijadikan salah satu ikon karnaval

“Hari ini semua fokus ke karnaval. Anak-anak yang tidak ikut memang kami arahkan untuk mensupport teman-teman mereka di alun-alun. Juga guru yang sepuh stand by di sekolah untuk menangani konsumsi. Pokoknya semua saling mensupport,” jelasnya.

Terkait dana, Sutarto menjelaskan, selain dari sekolah, sebagian besar pengeluaran untuk karnaval berasal dari paguyuban orang tua siswa. Dengan tampil maksimal, Sutarto berharap SMPN 2 dapat memperoleh hasil terbaik.

“Kami selalu berusaha semaksimal mungkin dan berupaya memperoleh yang terbaik. Seperti juga pada karnaval ini,” tegas Sutarto. Kita tunggu saja hasilnya. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *