Beranda ยป Candradimuka Foundation Gandeng Pemdes dan Karang Taruna Desa Wareng Purworejo Dirikan Taman Baca Desa

Candradimuka Foundation Gandeng Pemdes dan Karang Taruna Desa Wareng Purworejo Dirikan Taman Baca Desa

BUTUH, Pemerintah Desa Wareng Kecamatan Butuh bersama Karang Taruna Tunas Dewa resmi melaunching Taman Baca Candradimuka. Acara yang menggandeng Yayasan Sosial Pendidikan Candradimuka (Candradimuka Foundation) sebagai mitra sekaligus fasilitator digelar Minggu, (16/9) di balai desa setempat.

Launching Taman Baca ini disambut antusias oleh anak-anak di lingkungan desa. CEO Candradimuka Alam Reformasi mengungkapkan, tujuan didirikannya Taman Baca desa ini adalah untuk meningkatkan literasi anak di desa yang hari ini terdisrupsi oleh kemajuan teknologi. Hal tersebut justru membuat minat baca anak menurun.

“Menurut BPS Tahun 2023, Indeks Literasi Masyarakat Kabupaten Purworejo terendah se-Jawa Tengah. Kami tergerak untuk melakukan pemerataan fasilitas penunjang pendidikan khususnya di desa dengan mendirikan Taman Baca Desa berkolaborasi dengan pemdes dan karang taruna desa,” ungkapnya.

CEO Candradimuka Alam Reformasi dan Kepala Desa Wareng Nur Rohman

Kepala Desa Wareng Nur Rohman menyampaikan apresiasi kepada Candradimuka Foundation dan Karang Taruna Tunas Dewa yang sudah bekerja keras mempersiapkan serta melaksanakan kegiatan. “Dengan adanya taman baca desa, diharapkan bisa menjadi motivasi dan menambah literasi, khususnya untuk anak-anak di Desa Wareng,” ungkap Nur Rohman.

Kabid Kepemudaan Dinporapar Purworejo Eny Widiarti yang turut hadir juga menyampaikan pentingnya pemberdayaan pemuda desa dalam mengelola kegiatan taman baca. Nantinya tidak hanya taman baca, tapi pemuda desa diharapkan dapat membuat program Taman Belajar yang bisa diikuti secara gratis oleh anak-anak di Desa Wareng. (Ita)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *