Beranda ยป Tingkatkan Literasi, 130 Siswa SMAN 2 Purworejo Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Tingkatkan Literasi, 130 Siswa SMAN 2 Purworejo Ikuti Pelatihan Jurnalistik

PURWOREJO, Sebanyak 130 siswa SMAN 2 Purworejo mengikuti pelatihan jurnalistik yang diadakan sehari pada Kamis (15/8). Pelatihan yang diadakan di Aula Graha Wiyata Krida itu diikuti oleh perwakilan siswa kelas 10, 11, dan 12, berasal dari ekskul jurnalistik dan English Club.

Kepala SMAN 2 Fitarini, dalam sambutannya sebelum acara dimulai menyampaikan harapannya agar peserta pelatihan tersebut dapat menjadi jurnalis andal. Merekalah yang diharapkan dapat menjadi wartawan sekolah dengan meliput berbagai kegiatan yang dilakukan.

Hal penting lainnya dari pelatihan tersebut, kata Fita, yakni untuk meningkatkan literasi siswa melalui kemampuan menulis. “Saya berharap anak-anak dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya karena kalian merupakan siswa yang dipilih untuk mengikuti kegiatan ini,” katanya.

Kepala SMAN 2 Fitarini

Menurut kepala sekolah, pelatihan jurnalistik ini juga dapat dijadikan bekal oleh siswa terutama kelak saat mereka menekuni dunia kerja menjadi wartawan. “Jadi nanti kalau menjadi penulis itu menjadi lebih berkualitas,” harapnya.

Tak hanya teori, dalam pelatihan jurnalistik yang disampaikan oleh jurnalis Yudia Setiandini dan Fajria Rahmatasari dari media online Purworejo News itu, para peserta juga banyak melakukan praktek. Seperti praktek mengolah berita, fotografi, dan wawancara.

Ketiga materi tersebut, merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis dalam proses penyajian berita. Para siswa yang dibagi dalam tujuh kelompok itu mengikuti pelatihan dengan semangat dan mendapatkan hala-hal baru yang belum pernah didapatkan sebelumnya. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *