Beranda ยป Senam Lansia Geden, Upaya Panwaslu Kecamatan Purworejo Tingkatkan Partisipasi Masyarakat di Pilkada

Senam Lansia Geden, Upaya Panwaslu Kecamatan Purworejo Tingkatkan Partisipasi Masyarakat di Pilkada

PURWOREJO, Panwaslu Kecamatan Purworejo melaksanakan patroli kawal hak pilih dalam acara Senam Lansia Geden. Senam yang dilakukan di halaman Kecamatan Purworejo pada Sabtu (20/7) diikuti oleh ratusan lansia. Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Purworejo Yuli Hastuti.

Patroli dipimpin oleh Anggota Panwaslu Kecamatan Purworejo sekaligus Koordinator Divisi Hukum Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Fajria Rahmatasari. Bersama dengan empat orang Panwaslu Kelurahan Desa (PKD), Fajria memberikan arahan dan imbauan kepada masyarakat yang hadir agar berpastisipasi menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Serentak 27 November mendatang.

Menurut Fajria, tujuan dari patroli kawal hak pilih adalah untuk memastikan akurasi data pemilih. Selain itu juga memastikan bahwa semua warga yang berhak telah tercoklit (terdaftar dalam daftar pemilih). Panwaslu juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pelaporan perubahan data.

“Kami mendorong masyarakat untuk melaporkan perubahan data pemilih, seperti penambahan, pengurangan, atau alih status anggota keluarga kepada PKD atau Panitia Pemungutan Suara (PPS) desa setempat,” ujar Fajria. Hal ini penting untuk menjaga akurasi data pemilih dan memastikan semua warga yang memenuhi syarat dapat menggunakan hak pilihnya pada hari pemilihan.

Panwascam dan PKD bersama para peserta senam

“Tidak hanya itu, kegiatan patroli ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam proses pemilihan, sehingga tingkat partisipasi pemilih bisa lebih tinggi,” tambahnya.

Fajria berharap patroli ini juga dapat meminimalisir potensi kecurangan atau ketidaksesuaian data dalam proses pemilihan dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya hak pilih.

Menurutnya, kegiatan ini menunjukkan komitmen Panwaslu Kecamatan Purworejo dalam menjaga hak pilih warga dan memastikan proses pemilihan berjalan dengan baik dan lancar. (Ita)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *