Beranda » Bikin Bangga, SMAN 7 Purworejo Jadi Tuan Rumah Gelar Budaya Pelajar Tingkat Jawa Tengah

Bikin Bangga, SMAN 7 Purworejo Jadi Tuan Rumah Gelar Budaya Pelajar Tingkat Jawa Tengah

PURWOREJO, SMAN 7 Purworejo terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Gelar Budaya yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Jawa Tengah. Acara yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional ini digelar di Wisma Budaya SMAN 7 selama dua hari yakni Selasa dan Rabu (14-15/5).

Selain menjadi tuan rumah gelar budaya tingkat Jawa Tengah, SMAN 7 juga merupakan  satu-satunya sekolah di Indonesia yang menerima penghargaan sebagai Situs Cagar Budaya Nasional (CBN). 

Seperti diketahui, bangunan yang ada di SMAN 7 telah ditetapkan sebagai Sekolah Cagar Budaya Nasional. Penetapan tersebut tertuang dalam SK yang diserahkan dari pihak Kementerian Dikbudristek kepada Kepala SMAN 7 Niken Wahyuni pada tanggal 25 November 2023.

Adapun penyerahan penghargaan kali ini dilakukan oleh Kepala Dindikbud Jateng Uswatun Hasanah dan diterima Kepala SMAN 7 saat acara pembukaan Gelar Budaya pada Selasa (14/5) malam.

Penyerahan penghargaan dari Kadin Dikbud Jawa Tengah kepada Kepala SMAN 7

Selain Kadin Dikbud Jawa Tengah, acara pembukaan juga dihadiri Kadin Dikbud Purworejo Wasit Diono, Kepala Museum Rangga Warsito, Kepala TBJT Jawa Tengah, Kepala BPK Wilayah X, para pegiat sejarah dan seni, serta Kepala SMA dan SMK Cabang Dinas VIII.

Kepada Purworejo News, Niken menyampaikan alasan dipilihnya SMAN 7 menjadi tuan rumah Gelar Budaya Pelajar Jawa Tengah. “Ini merupakan apresiasi Dindikbud Jawa Tengah kepada SMAN 7 yang telah mencapai peringkat sebagai Situs CBN dan satu-satunya sekolah yang menerima penghargaan CBN. Selain itu, SMAN 7 merupakan tempat yang strategis secara lokasi, geografis, dan filosofis,” jelasnya pada saat ditemui, Rabu (15/5).

Dijelaskan Niken, di hari pertama Gelar Budaya yakni Selasa (14/5), para pengunjung disuguhi tampilan kesenian Tari Jaranan, Pameran Budaya, dan pemutaran film Digitalisasi Cagar Budaya.

Pengunjung mengikuti kegiatan lukis kaos di acara Gelar Budaya

Tidak hanya itu, terdapat juga Sosialisasi Peran Generasi Muda dalam Pelestarian Cagar Budaya dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah tentang Cagar Budaya, pemutaran perekaman Warisan Budaya Tak Benda. Juga tampilan kesenian lain sebagai implementasi P5 dari beberapa sekolah.

Sedangkan di hari kedua yakni Rabu (15/5) digelar Pameran Budaya dari Museum Jateng Ranggawarsita, Museum Tosan Aji, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X, dan Taman Budaya Jawa Tengah. Juga persembahan budaya yang dipajang oleh SMAN 7, SMKN 3 dan SMKN 7 Purworejo,serta tampilan kesenian dari beberapa SMA dan SMK se-Jawa Tengah.

Acara tampak ramai dikunjungi oleh para pelajar SMA, terutama yang berasal dari peserta Gelar Budaya. Mereka tak hanya tertarik menyaksikan pentas keseniannya namun juga menikmati gubuk-gubuk pameran budaya yang diseting melingkari penonton.  (Ita)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *