Beranda » Gelar Operasi Ketupat Candi, Polres Purworejo Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Knalpot Brong

Gelar Operasi Ketupat Candi, Polres Purworejo Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Knalpot Brong

PURWOREJO, Polres Purworejo melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi sekaligis pemusanahan ribuan botol miras dan knalpot brong di halaman Kantor Bupati pada Kamis (4/4). Apel dipimpin oleh Pj Sekda M.Kurniawan Kadir didampingi oleh Kapolres AKBP Eko Sunaryo dan Dandim 0708 Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo. Turut hadir dalam apel jajaran Forkopimda dan diikuti ratusan peserta apel.

3.725 botol miras dari berbagai jenis dan merk, serta 1.250 knalpot brong dimusnahkan menggunakan mesin penggilas aspal.

Ditemui usai apel, Kapolres menjelaskan bahwa personel yang dilibatkan, dari Polri 386, Kodim 60, dan ratusan relawan. “Adapun pos pengamanan Ketupat Candi di wilayah Purworejo ada 12 yaitu satu pos perbatasan, satu pos terpadu di Geparang, dua pos bantu di Krendetan dan Ketawang, dua pos pelayanan yakni di terminal dan stasiun, serta enam strong point di Pasar Butuh, Pasar Kutoarjo, Plaza, Maron, Pantai Jetis, dan Pantai Dewaruci,” jelasnya.

Disampaikan Kapolres, titik rawan macet di wilayah Purworejo adalah di Jalan Daendels, karena sepanjang 26 km yang merupakan jalur perbatasan Yogyakarta dan Kebumen. “Untuk titik rawan kamtibmas ada dua obyek vital yaitu pasar dan daerah pantai, contohnya Jatimalang, dan Jetis,” tambahnya. Namun demikian, menurut Kapolres, telah disiapkan personel TNI, Polri maupun relawan yang siap membantu masyarakat di sana.

Kapolres saat memberikan keterangan kepada wartawan

Dijelaskan pula target Operasi Ketupat Candi yakni para pemudik yang diharapkan dapat menjaga kamtibmas bersama untuk mendukung lancarnya pelaksanaan Idul Fitri.

Di sisi lain, Kapolri dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pj Sekda antara lain menyampaikan, Polri bersama Kemenhub dan PUPR telah mengeluarkan surat keputusan tentang pengaturan lalu lintas jalan serta penyeberangan selama musim lebaran.

Kapolri juga mengatakan bahwa kegiatan apel merupakan pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024. Hal ini merupakan komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Η.

“Berbagai upaya yang telah dilakukan, diharapakan dapat berjalan optimal, sehingga masyarakat dapat merasakan mudik aman, ceria, penuh makna,” kata Kapolri. (Ita)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *