Beranda » Totalitas Layani Penumpang Sambut Lebaran, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta (YIA)  Buka Posko Terpadu

Totalitas Layani Penumpang Sambut Lebaran, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta (YIA)  Buka Posko Terpadu

KULON PROGO, Sebagai upaya untuk mewujudkan mudik aman dan nyaman di tengah prediksi adanya peningkatan trafik menjelang Lebaran, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) menyelenggarakan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran 2024/1445 Η. Posko yang dibuka pada Selasa (2/4) itu berada di area lobby keberangkatan sisi timur YIA, mulai tanggal 3 hingga 18 April 2024.

Apel pembukaan Posko Terpadu dilakukan oleh General Manager YIA, Ruly Artha dihadiri oleh Perum LPPNPI Cabang Yogyakarta, Basarnas Yogyakarta, Polres Kulon Progo, Kodim 0731 Kulon Progo, Satuan Radar 215 Congot. Lalu Kantor imigrasi Kelas I Yogyakarta, Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Yogyakarta, Stasiun BMKG Stasiun Meteorologi Yogyakarta, serta instansi terkait lainnya.

“Dengan melihat tren pertumbuhan penumpang,  YIA telah melayani 4.307.742 penumpang di tahun 2023 atau tumbuh 46,06% dibandingkan dengan tahun 2022. Kami memprediksi akan ada kenaikan 11% penumpang yang melaksanakan mudik melalui YIA pada momen lebaran tahun ini jika dibandingkan dengan periode lebaran tahun 2023,” ungkap Ruly. Ditambahkannya, pergerakan pesawat diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 9% dibandingkan dengan periode lebaran tahun 2023. Begitu juga dengan kargo yang diprediksi mengalami kenaikan 9%.

Puncak arus mudik lebaran diperkirakan akan terjadi pada H-4 lebaran, yaitu tanggal 6 April dengan prediksi akan ada 15.915 hingga 16.666 orang penumpang melalui YIA. Sebaliknya, puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada H+4 lebaran yaitu tanggal 15 April 2024 dengan prediksi 17.231 hingga 18.390 orang penumpang.

GM YIA saat menyampaikan sambutan


“YIA telah menyiapkan beberapa contingency plan guna memberikan layanan terbaik bagi pengguna jasa bandara baik penumpang maupun non penumpang. Begitu pula dalam penyelenggaraan posko lebaran tahun ini kami didukung oleh 411 orang personil yang merupakan kolaborasi PT Angkasa Pura I dan BKO TNI/Polri,” imbuh Ruly.

Pihaknya berharap, koordinasi dan komunikasi antar instansi yang tergabung dan terkait dengan penyelenggaraan posko dapat berjalan dengan baik. Hal tersebut agar setiap kendala yang nantinya ditemukan dapat diselesaikan bersama-sama. Selain itu untuk menciptakan mudik aman, nyaman, dan sehat serta zero accident dapat diwujudkan.

Saat ini YIA juga telah memastikan dukungan dari moda transportasi lanjutan dari dan ke YIA dapat memenuhi kebutuhan pengguna jasa bandara. Terkait extra flight, YIA telah menerima permohonan sebanyak 372 selama penyelenggaraan posko lebaran dengan rute terbanyak yaitu tujuan Jakarta (CGK) dan Balikpapan, oleh empat maskapai yaitu Garuda Indonesia, Batik Air, Lior Air, dan Super Air Jet.

“Kami telah mempersiapkan fasilitas dan layanan prima untuk menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2024 melalui koordinasi dengan seluruh stakeholder, dengan mengutamakan 3S+1C (Security, Services, Safety, dan Compliance). Kami turut menghimbau masyarakat pengguna jasa bandara untuk tetap menjaga kesehatan selama melakukan perjalanan, serta dapat tiba di bandara setidaknya tiga jam,” kata Ruly (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *