Beranda » Berkomplot dengan Temannya, Seorang Pemilik Salon di Purworejo Gadaikan Mobil Rental

Berkomplot dengan Temannya, Seorang Pemilik Salon di Purworejo Gadaikan Mobil Rental

PURWOREJO, Kasus penggelapan mobil rental dilakukan oleh dua warga Purworejo, yakni RS warga Kampung Tuksongo Kelurahan Purworejo   dan RAS warga Jalan Sarwo Edhi Wibowo Kelurahan Sindurjan. Keduanya menggadaikan mobil yang disewa di wilayah Kabupaten Boyolali. Hal yang sama ternyata sudah dilakukan keduanya beberapa kali.

Dalam konferensi pers terkait gelar perkara  di Mapolres Purworejo, Kapolres AKBP Eko Sunaryo didampingi Wakapolres Kompol Fadli dan Kasat Reskrim AKP Catur Agus YP menjelaskan kronologi kasus penggelapan dan penipuan tersebut. Kapolres mengungkapkan, pada bulan Desember 2023, tersangka RS menghubungi pemilik rental, Ranto dengan maksud menyewa mobil untuk dipakai saudaranya.

“Berikutnya, korban mengantarkan mobil Avanza yang akan disewa ke salon milik tersangka RS di Desa Lugosobo Kecamatan Gebang. Tersangka RS kemudian menyerahkan uang sewa selama lima hari senilai Rp 1,5 juta,” jelas Kapolres.

Sewa kemudian diperpanjang sampai akhirnya pembayaran macet. Saat itulah, kendaraan terpantau melalui GPS berada di Boyolali. Korban pun menanyakan hal tersebut kepada RS yang kemudian mengaku kalau dirinya diminta menyewa mobil oleh tersangka RAS untuk digadaikan di Boyolali.

Kapolres AKBP Eko. Sunaryo

Mobil rental tersebut digadaikan sebesar Rp 30 juta dan diterima Rp 27,5 juta. “Tersangka RS menerima uang Rp 3 juta, sedangkan RAS menerima sisanya. Adapun kerugian mencapai Rp 120 juta,” imbuh Kapolres.

Keduanya pun berhasil diamankan pihak Polres Purworejo. RS ditangkap pada tanggal 30 Januari. Adapun RAS sudah ditangkap dalam perkara serupa oleh Satreskrim. Akibat perbuatan tersebut, kedua tersangka terancam hukuman  penjara maksimal empat tahun.

Dalam gelar perkara, barang bukti yang diamankan berupa satu buah BPKB, satu unit mobil Avanza, serta GPS mobil. Atas kejadian tersebut Kapolres menghimbau kepada pemilik rental mobil agar lebih cermat dalam memilih penyewa dengan lebih dahulu mem-profiling customer.

“Juga kepada masyarakat kalau ada yang menggadaikan agar lebih hati-hati untuk meminimalisir terjadinya penggelapan,” pesan Kapolres. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *