Beranda » Keturunan Bupati Purworejo RAA Tjokronegoro I Diusulkan Dapat Gelar Pahlawan Nasional

Keturunan Bupati Purworejo RAA Tjokronegoro I Diusulkan Dapat Gelar Pahlawan Nasional

PURWOREJO, Pemkab Purworejo bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) akan mengusulkan Mayjen dr Roebiono Kertopati untuk menerima gelar Pahlawan Nasional. Mayjen dr Roebiono Kertopati memiliki garis silsilah dengan Bupati Pertama Purworejo RAA Tjokronegoro I. Usulan tersebut disampaikan saat acara focus group discussion (FGD) di pendopo kabupaten, Kamis (25/1).

Acara dihadiri Bupati Purworejo Yuli Hastuti, Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN sekaligus Ketua Tim Pengajuan Gelar Pahlawan Brigadir Tri Berty Beatus Willem Sumakud, penulis buku Mayjen dr Roebiono Kertopati Marthen Luther Djari, Wadanyon Mekanis 412 Kapten Inf Sofyan Adiyanto, Asisten Pemerintahan Kesra sekaligus Ketua TPPGD Bambang Susilo, Kepala Dinkominfostasandi Yudhie Agung Prihatno, dan Kepala Bakesbangpol Agus Widiyanto.

Yuli Hastuti menyebutkan, Pemkab Purworejo merasa berkepentingan untuk memperjuangkan sebagai Pahlawan Nasional, karena dr. Roebiono Kertopati yang memiliki garis keturunan Bupati pertama Purworejo mempunyai dedikasi tinggi terhadap negara. Gelar ini nantinya bukan hanya sekedar penghargaan, tetapi juga sebagai bentuk pengakuan terhadap perannya yang monumental dalam memajukan persandian dan pertahanan negara.

“Pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada Mayjen TNI dr. Roebiono Kertopati akan menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam mengabdikan diri pada negara. Penghargaan ini menjadi dorongan untuk terus berprestasi dan mengabdi sepenuh hati kepada tanah air,” kata bupati.

Suasana saat FGD

Dirinya menambahkan bahwa Purworejo dikenal sebagai gudang tokoh bangsa, seperti komponis WR Soepratman, Jenderal Oerip Soemohardjo, Jenderal Ahmad Yani, Mr. Kasman Singodimedjo, Letjen Sarwo Edhie Wibowo, dan sebagainya.

Brigadir Tri Berty Beatus Willem Sumakud dalam sambutannya menjelaskan, persandian saat ini menjadi komponen penting dalam mengamankan aktivitas kehidupan berbangsa dan bernegara, sekaligus awal program pemerintah yakni percepatan transformasi digital dan keterpaduan layanan digital nasional.

“Mayjen dr Roebiono Kertopati berhasil membangun persandian Indonesia yang modern dan mandiri sekaligus membentuk SDM persandian yang memegang teguh etos sandi, membuat sistem dan peralatan sandi yang efektif dan dapat diandalkan untuk mengamankan komunikasi berita di masa perang dan damai, serta berhasil meningkatkan kapasitas kelembagaan persandian,” jelasnya.

Tri Berty mengajak seluruh masyarakat Purworejo untuk mensosialisasikan perjuangan pemberian gelar pahlawan Mayjen TNI dr. Rebiono Kertopati sebagai Pahlawan Nasional. Ia yakin dengan adanya kerja sama, sinergi, dan kolaborasi dari masyarakat Purworejo, pengusulan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *