Beranda Ā» Pentas di Purworejo, Teater Yafy Yogya Padukan Karya Rekam Virtual dan Aksi Panggung

Pentas di Purworejo, Teater Yafy Yogya Padukan Karya Rekam Virtual dan Aksi Panggung

PURWOREJO, KomunitasĀ teaterĀ asal Yogyakarta, Yafy menggelar pentas seni bertajuk ‘Pieces of Life; Sepotong Pagi’. Karya Nano Suharno yang ditonton ratusan orang itu dipentaskan di Auditorium Kasman Singodimedjo Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) , Sabtu (9/12) malam.

Producer Underrated Tour by Yafy, Ibnu Shohib, mengungkapkan, pementasan teater tersebut terselenggara berkat kerjasama pihaknya dengan Hima Prodi Pendidikan dan Bahasa Indonesia UMP, Teater Surya, serta Fermenta House.

Film teater yang berdurasi kurang lebih satu jam 30 menit tersebut mampu dibawakan maksimal oleh Steven Sundripo dan Lenny Multyaningsih, mahasiswa dari ISI. Keduanya memadukan layar rekam virtual dan aksi langsung di panggung.

“Pertunjukan ini menggambarkan kisah menarik sepasang suami istri yang terperangkap dalam dinamika modern yang penuh tantangan. Mulai dari isu-isu kontroversial di media sosial hingga imbas kecerdasan buatan atau AI dalam kehidupan sehari-hari. Konflik yang dihadapi pasangan ini mengundang kita untuk merenung tentang perubahan dramatis di sekitar kita,” ucapnya.

Para pendukung pementasan teater Yafy di UMP

Sedangkan Nano Suharno, sutradara sekaligus penulis naskah karya ini menyampaikan bahwa karya yang ia ciptakan berangkat dari duniaĀ artificialĀ yang menyisakan banyak pertanyaan pada tahun 2021 lalu.

“Isu berkembang bahwa AI mampu beradaptasi menjadi mesin pintar menyerupai manusia. Ini untuk menjawab, Betulkah mesin bermutasi atau manusia makhluk adaptif yang bergerak terlalu jauh?ā€ ujarnya.

Sebelum pementasan dimulai, para penonton juga sudah disajikan dengan pertunjukan monolog, tari, dan pemutaran film yang menarik.

Marketing manager Yafy, Kadek, menyampaikan rencana perjalanan Underrated Tour keliling Indonesia setahun ke depan untuk membawa visi berjejaring dan berbagi cerita melalui film teater ini.

ā€œWaktu terdekat kami akan melanjutkan perjalanan ke Purwokerto (12/12), Semarang (14-15/12), dan Magelang (20/12). Selanjutnya kami akan showcase di Yogjakarta untuk kemudian menyusun upaya melanjutkan cita-cita keliling Indonesia,ā€ jelas Kadek.

Rencana perjalanan setahun ke depannya dalam membawakan Underrated Tour berkeliling Indonesia, pihaknya akan memberikan informasi melalui sosial media instagram @yafyogyakarta. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *