Beranda » Kelompok Sadar Wisata WR Soepratman Somongari Juara 1 Apresiasi Pokdarwis 2023, Raih Hadiah Rp 8 Juta

Kelompok Sadar Wisata WR Soepratman Somongari Juara 1 Apresiasi Pokdarwis 2023, Raih Hadiah Rp 8 Juta

PURWOREJO, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) WR Soepratman berhasil meraih Juara 1 di ajang Apresiasi Pokdarwis yang diselenggarakan pada Senin (20/11) malam di Aula Ganeca Convention Hall. Atas prestasinya itu Pokdarwis WR Soepratman mendapatkan uang pembinaan senilai Rp 8 juta. Adapun Juara 2, 3, serta Harapan 1 dan 2 diraih oleh Pokdarwis Gunung Gajah Pandanrejo, Jetis Manis Patutrejo, Tirta Sejahtera Cepedak, dan Cacaban Kidul.

Hadiah berupa sertifikat, piala dan uang tunai diserahkan oleh Staf Ahli Bupati Tri Wahyuni, didampingi perwakilan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Porapar) Provinsi Jawa Tengah Supomo dan Kepala Dinas Porapar Kabupaten Purworejo Stefanus Aan Isa Nugroho. Besaran hadiah uang tunai untuk para juara adalah Rp 8 juta, Rp 7 juta, Rp 6 juta, Rp 5 juta, dsn Rp 4 juta.

Adapun lima finalis lainnya yang mendapatkan apresiasi adalah Pokdarwis Argojoyo Tlogokotes, Paduga Bagelen, Abadi Jaya Awu- awu, Gunung Wangi, dan Harapan Pucungroto. Para finalis mendapatkan hadiah berupa sertifikat.

Dalam sambutannya, Kadin Porapar Stefanus Aan Isa Nugroho menyampaikan bahwa dari 55 desa wisata yang telah diseleksi selama kurang lebih dua bulan, terpilih 10 dan sudah difasilitasi dengan menggelar produk serta langsung memasarkan produknya ke beberapa biro wisata di Jateng dan DI Yogyakarta.

Dari 10 pokdarwis tersebut akhirnya diambil lima terbaik. “Yang lainnya bukan berarti tidak baik, namun hal ini agar dijadikan motivasi untuk menata diri, bersama-sama menjadikan pariwisata sebagai sektor penggerak perekonomian,” ungkap Aan.

Kadin Porapar Stephanus Aan Isa Nugroho


Ia berharap 10 besar pokdarwis terpilih dapat lebih baik lagi di tahun depan. “Pemerintah Kabupaten Purworejo juga berkomitmen menjadikan sektor pariwisata menjadi sektor unggulan menuju Purworejo berdaya saing 2025,” lanjut Aan.

Malam Apresiasi Pokdarwis dihadiri oleh perwakilan Kadin Porapar Provinsi Jawa Tengah, Supomo, yang dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada para pejuang desa wisata, kelompok sadar wisata.

Apresiasi juga ditujukan kepada pemerintah Kabupaten Purworejo atas inisiasinya menyelenggarakan apresiasi Pokdarwis ini. “Pokdarwis merupakan garda terdepan untuk memajukan pariwisata terutama di Kabupaten Purworejo, karena Purworejo memiliki letak yang sangat strategis” kata Supomo.

Menurutnya pokdarwis telah dicanangkan sejak tahun 1991, namun pelaksanaannya sangat tidak mudah. Tidak mudah mengajak dan menanamkan masyarakat untuk sadar wisata,” ungkapnya.

Adapun Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB) Agustin Peranginangin menyampaikan bahwa apresiasi atau anugerah yang sifatnya kontestasi tujuannya jangan hanya untuk menang semata. Namun sejauh mana aspek-aspek pengembangan pariwisata telah dipenuhi.

Dirut BOB Agustin Paranginangin


“Jangan bangga bagi rekan-rekan yang akan mendapat apresiasi, karena yang hari ini mendapat apresiasi tahun depan harus ada pencapaian yang baik lagi. Dan bagi yang belum jangan berkecil hati,” kata Agustin.

Diharapkannya, seluruh pokdarwis bisa bergiat terus, mengembangkan pariwisata yang ada di Kabupaten Purworejo.”Siap tidak siap pariwisata purworejo akan maju. Keinginan berwisata orang-orang sangat tinggi. Pokdarwis menjadi pelaku utama yang mempersiapkan desa-desa wisata di tempat kita,” lanjutnya.

Adapun Plt Bupati Purworejo Yuli Hastuti diwakili oleh staf ahli Tri Wahyuni memberikan ucapan selamat kepada pokdarwis yang meraih prestasi pada malam hari ini. Semoga ajang ini dapat memotivasi pokdarwis lainnya untuk lebih bersemangat dalam berkreasi mengelola potensi wisata yang dimiliki.

Menurutnya Pokdarwis sebagai kelompok yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat sudah seyogyanya bersinergi dan bergerak beriringan dengan pemerintah daerah untuk bersama-sama meningkatkan pengembangan pariwisata desa masing-masing. (Ita)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *