Beranda » Diikuti 63 Peserta, Percasi Kabupaten Purworejo Gelar Kejurkab Catur

Diikuti 63 Peserta, Percasi Kabupaten Purworejo Gelar Kejurkab Catur

KUTOARJO, Sebanyak 63 peserta mengikuti Kejurkab Catur yang diadakan oleh Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Purworejo. Kejurkab yang dibuka oleh Ketua KONI Sumaryanto pada Sabtu (14/10) itu diadakan di Pendopo Kecamatan Kutoarjo.

Kepada Purworejo News, ketua panitia Joko Santoso menyebutkan, ke-63 peserta itu dibagi dalam dua kategori. Yakni umum dan yunior. “Untuk kategori umum diikuti 30 peserta, sedangkan yang yunior 33 peserta,” kata Joko.

Kategori yunior, imbuhnya, dibagi lagi dalam dua kategori yakni SD dan SMP masing-masing putra putri. Rinciannya SMP putri delapan peserta, putra 12, SD putri empat, dan putra sembilan. Adapun kriteria lomba yakni catur cepat 15 menit. “Khusus untuk kategori SMP dimainkan empat babak,” ucap Joko.

Ketua Harian Percasi Joko Santoso

Ia menjelaskan, kejurkab diadakan sebagai bentuk pembinaan prestasi khususnya untuk persiapan kejurprov di Kebumen tanggal 28-29 Oktober mendatang. Untuk itu, mereka yang menjadi juara 1 pada kategori SD dan SMP putra putri akan mengikuti seleksi awal kejurprov.

Selain itu, kejurkab juga diadakan sebagai ajang regenerasi terutama untuk atlet senior yang masa keemasannya sudah habis. Saat ini menurut Joko, ada lima atlet senior yang berada di ring 1.

Ia menambahkan, pada ajang Porprov beberapa waktu lalu, cabor catur Purworejo berhasil menyumbangkan medali emas untuk nomor beregu klasik. Didapatkan dari Ahmad Riziq, Ahmad Basyar, dan Armanto. Mereka akan mendapatkan bonus sebesar Rp 75 juta yang akan segera dicairkan bulan ini.

Ketua KONI (oranye) bersama panitia

Para juara 1, 2, dan 3 kejurkab pada masing-masing kategori akan mendapatkan piagam, piala, dan uang pembinaan total senilai Rp 2,5 juta. Kejurkab tersebut juga merupakan agenda rutin Percasi yang dilakukan dengan menggunakan dana dari KONI.

Ketua KONI yang juga mantan ketua Percasi Kabupaten Purworejo, Sumaryanto berharap agar Kejurkab bisa menghasilkan atlet-atlet berprestasi di cabor catur. Juga para atlet yang meraih medali pada Kejurkab ini bisa dipersiapkan untuk mewakili Percasi Purworejo dalam Kejurprov Catur Jateng 2023.

“KONI mendukung diselenggarakannya kejurkab catur ini. Harapannya nanti akan ada regenerasi dan mampu mempertahankan medali emas seperti di ajang Porprov bahkan event nasional,” harap Sumaryanto. (Dia)

Berikut daftar pemenang Kejurkab:

Juara Putri SD

1. JIHAN AF  Kutoarjo

2. NAURA HUSNA Kutoarjo

3. AQILA  Kaligesing

Juara Putra SD

1. NALENDRA Kutoarjo

2. SHEVA Bayan

3. M. FAWAS Kaligesing

Juara Putri SMP

1. MUTAZETTA Bayan

2. SiITI WASILATUS Kutoarjo

3. NAYSA Grabag

Juara Putra SMP

1. ANANDA ABU Kutoarjo

2. MESSI D Kutoarjo

3. ABHISEKA Kemiri

Juara Umum 

1. MARTOYO Grabag

2. DHANY Grabag

3. ARIS MUNANDAR Purworejo

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *