Beranda » Perumdam Tirta Perwitasari Purworejo Raih BUMD Award 2023 dari Kemendagri

Perumdam Tirta Perwitasari Purworejo Raih BUMD Award 2023 dari Kemendagri

PURWOREJO, Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo berhasil meraih penghargaan Kategori Perumdam Kecil dalam ajang BUMD Award 2023 yang digelar Kementerian Dalam Negeri. Penghargaan diberikan Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Agus Fatoni kepada Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti pada Jum’at (29/9).

Acara Penganugerahan BUMD Award 2023 yang diadakan di Jakarta tersebut dirangkai dengan kegiatan Rakor BUMD Seluruh Indonesi. Dalam kesempatan itu, wabup didampingi Direktur Perumdam Tirta Perwitasari Hermawan Wahyu Utomo.

Ditemui usai acara, wabup mengatakan bahwa penghargaan tersebut menjadi motivasi dan penyemangat bagi dirinya maupun Pemkab Purworejo untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan. Penghargaan tersebut juga mendorong BUMD sebagai salah satu penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) bagi pemda.

“Semoga dengan penghargaan yang luar biasa ini akan memotivasi BUMD lain yang dimiliki Kabupaten Purworejo untuk semakin maju dan berkembang,” katanya.

Direktur Perumdam Tirta Perwitasari Hermawan Wahyu Utomo

Adapun Hermawan menjelaskan beberapa keunggulan Perumdam Purworejo, antara lain memiliki program yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti bantuan bagi daerah rawan air bersih dan memberikan subsidi pada masyarakat miskin saat pandemi Covid 19.

Selain itu, kinerja BUMD tahun 2022 yang telah diaudit memberikan sumbangsih deviden sebesar Rp 2,1 milyar. Penerapan tata kelola perusahaan yang baik juga dilakukan dengan penyusunan rencana bisnis sesuai dengan Permendagri 118/2018 dan BPSPAM.

“Kepuasan pelanggan diutamakan dengan fast respon terhadap keluhan pelanggan dan permasalahan yang terjadi, serta membuka layanan pengaduan secara resmi melalui website resmi,” paparnya.

Hermawan juga menjelaskan inovasi dan sinergitas dengan aplikasi Sapa Purworejo yang menjadi unggulan. Melalui aplikasi tersebut pelanggan dan masyarakat bisa melihat bentuk layanan yang diberikan, termasuk didalamnya tagihan dan penyampaian keluhan pelanggan.

Para penerima BUMD awards di Jakarta

“Kami juga aktif berkomunikasi dengan semua stakeholder terutama yang membidangi air minum seperti DinPUPR dan Bappedalitbang. Hal ini untuk bisa mengakses program hibah air minum yang disediakan melalui APBD provinsi maupun APBN serta lembaga donor Australia Indonesia (KIAT),” jelasnya.

Kabag Perekonomian dan SDA Setda Purworejo Anggit Wahyu Nugroho menambahkan, menuju Purworejo Berdaya Saing 2025, seluruh BUMD mempunyai peran strategis untuk mendukungnya. Serta menjalankan fungsi utamanya dalam pelayanan kepada publik maupun sebagai income center bagi Pemerintah Kabupaten Purworejo.

Sehingga BUMD juga harus menerapkan National Core Values BerAKHLAK (Berorientasi pelayanan Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) dan Core Purposes sebagai employer branding yaitu Bangga Melayani Bangsa.

“Pembinaan yang dilakukan secara intensif kepada BUMD oleh Bagian Perekonomian dan SDA merupakan upaya untuk terus menjaga Core Values dan Core Purpose BUMD meskipun terjadi perubahan-perubahan dalam praktik-praktik operasi perusahaan, tujuan-tujuan spesifik, dan strategi,” tandasnya. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *