Beranda » Jaraknya Tak Sampai 10 Km dari Pusat Kota Purworejo, SDN Kertosono Hanya Dapat 5 Murid Tahun Ini

Jaraknya Tak Sampai 10 Km dari Pusat Kota Purworejo, SDN Kertosono Hanya Dapat 5 Murid Tahun Ini

PURWOREJO, Pada tahun ajaran 2023-2024, SDN di Kabupaten Purworejo masih ada beberapa yang kekurangan murid. Salah satunya yakni SDN Kertosono di Kecamatan Banyuurip. Sekolah yang jaraknya tak sampai 10 Km dari pusat kota Purworejo tersebut tahun ini hanya mendapatkan lima murid.

Selain itu masih di Kecamatan Banyuurip, SDN Bencorejo pun mengalami nasib serupa. Berdasarkan data pokok pendidikan (dapodik) kecamatan Banyuurip, sekolah tersebut juga hanya mendapatkan lima murid di tahun ini.

Karena hanya lima murid, bangku serta meja yang tidak terpakai ditata di tepi ruang kelas sehingga ruangan tampak lengang. Guru kelas 1 yakni Sumaryani pun tengah berada di kelas sambil menunggui muridnya yang sedang membuka bekal makanan dari rumah.

Ditemui Purworejo News di ruangannya pada Sabtu (29/7), Kepala SDN kertosono, Sudino, S.Pd (58) mengungkapkan, tahun ini murid kelas 1 di sekolahnya memang hanya lima orang. Jumlah tersebut menurutnya, merupakan paling sedikit dibanding waktu sebelumnya. “Dulu ya pernah ada tujuh murid. Tahun ini paling sedikit,” ucap Sudino.

Ditambahkannya, tahun lalu kelas 1 mencapai 14 murid. “Tahun depan juga diharapkan kembali bisa banyak lagi,” ujar Sudino. Menurutnya, salah satu faktor sedikitnya murid yakni karena minimnya murid TK Kertosono yang selama ini menjadi pemasok utama di sekolahnya.

Sub Koordinator Kurikulum SD Dikbud Kabupaten Purworejo, Umul Hidayah.

Sudino menjelaskan, saat ini total jumlah murid di SDN Kertosono yang berdiri sejak tahun 1980 ada 68 orang. Adapun jumlah guru sembilan orang termasuk dirinya. Dilihat dari lokasinya SDN Kertosono terletak di tengah pemukiman warga, namun agak jauh dari jalan utama.

“Tahun depan diharapkan bisa banyak lagi karena jumlah murid TK Kertosono juga banyak. TK Kertosono kan lokasinya paling dekat dengan sekolah ini,” kata Sudino. Selain itu ia mengungkapkan faktor lainnya, yakni karena keberhasilan program KB di Desa Kertosono.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Sub Koordinator Kurikulum SD Dikbud Kabupaten Purworejo, Umul Hidayah. Menurutnya,salah satu faktor kurangnya murid di suatu wilayah karena keberhasilan program KB sehingga jumlah penduduk semakin berkurang.

Selain SDN Kertosono dan SDN Bencorejo, masih ada beberapa sekolah lagi di Kabupaten Purworejo yang muridnya minim. Antara lain SDN Purbayan Pituruh dan SDN Munggangsari Kemiri yang hanya mendapatkan empat murid tahun ini.

Namun demikian pihak Dikbud Kabupaten Purworejo tidak berencana menggabungkan sekolah-sekolah yang kekurangan murid tersebut. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *