Beranda ยป Buka Unit Layanan Fisioterapi, RSU Kasih Ibu Purworejo Siap Layani Bayi Hingga Lansia

Buka Unit Layanan Fisioterapi, RSU Kasih Ibu Purworejo Siap Layani Bayi Hingga Lansia

PURWOREJO, Sebagai salah satu pusat kesehatan di Kabupaten Purworejo, Rumah Sakit Umum Kasih Ibu (RSU KI) merambah pelayanan yang dibutuhkan masyarakat, yakni Layanan Fisioterapi. Tak hanya bayi, bahkan kalangan lanjut usia (lansia) pun dapat dilayani jasa fisioterapi di RSU KI.

Seperti dituturkan oleh penanggung jawab Klinik Fisioterapi Heri Yulianto. Kepada Purworejo News, Heri menyebutkan, Klinik Fisioterapi merupakan salah satu pelayanan kesehatan di RSU KI terkait kapasitas fisik dan fungsional yang menangani kasus bayi, anak, hingga lansia.

“Layanan fisioterapi untuk bayi biasanya terkait penyakit batuk pilek. Lalu untuk anak tumbuh kembang, termasuk fisioterapi untuk anak berkebutuhan khusus (ABK),” ucap Heri saat ditemui pada Sabtu (5/10) sore.

Pada kasus orang dewasa hingga lansia, lanjutnya, biasanya fisioterapi pasca operasi pemasangan pen karena patah tulang. Kemudian kasus persendian nyeri lutut dan pinggang yang banyak macamnya, baik karena ketegangan otot saja atau trauma. Selain itu juga kasus yang berhubungan dengan syaraf seperti stroke yang sekarang banyak dijumpai.

Heri menambahkan, sebenarnya unit layanan fisioterapi di RSU KI telah berlangsung dari tahun 2009. Waktu itu baru melalui layanan on call. Namun sejak tahun 2023 layanan fisioterapi dibuka seminggu tiga kali di RSU KI, yakni tiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai pukul 15.00 hingga 17.00.

Terkait tarif atau biaya yang dikenakan, Heru menyebutkan, setiap pelayanan berkisar Rp60 ribu dengan menggunakan alat infra red atau nebulizer. Bisa juga fisioterapi dilanjutkan dengan terapi manual untuk melatih gerak baik aktif maupun pasif.

“Biasanya pada kasus bayi selain fisioterapi juga diteruskan dengan pijat agar sirkulasi darahnya bagus untuk perkembangan otak,” tandas Heru. Pihaknya berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang dimiliki RSU KI terutama karena letaknya di tengah kota sehingga dapat mudah dijangkau. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *