Beranda » 5 Putra Daerah Wakili Purworejo Ikuti Pemilihan Pemuda Pelopor Jawa Tengah

5 Putra Daerah Wakili Purworejo Ikuti Pemilihan Pemuda Pelopor Jawa Tengah

PURWOREJO, Rangkaian Pemilihan Pemuda Pelopor Kabupaten Purworejo yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) telah selesai dilaksanakan pada Rabu (8/5). Mereka yang terpilih sebagai pemuda pelopor Kabupaten tahun 2024 yakni Alam Reformasi Putra Pamungkas (Bidang Kepeloporan Pendidikan), Idon Virangga Putra (Bidang Kepeloporan Seni Budaya), Ahmad Luthfi Khakim (Bidang Kepeloporan Inovasi Teknologi), Anggit Puwonegoro (Bidang Kepeloporan Pangan), dan Ringgo Ismoyo (Bidang Kepeloporan Pengelolaan SDA, Lingkungan, dan Pariwisata).

Mereka telah mengikuti rangkaian seleksi pemuda pelopor kabupate. Meliputi seleksi administrasi dan pemaparan materi.
Hasilnya disampaikan oleh Kadin Porapar melalui Surat Keputusan Nomor 400.5.6/1407/2024 tentang Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Purworejo. Selanjutnya, lima putra daerah tersebut dijadwalkan mengikuti pemilihan Pemuda Pelopor tingkat Provinsi mewakili Kabupaten Purworejo pada Selasa (21/5) di Kantor Disporapar Semarang.

Dikutip dari Juknis Pemuda Pelopor Provinsi Jawa Tengah disebutkan bahwa Pemuda Pelopor adalah mereka yang secara aktif mengembangkan potensi diri, melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas berbagai masalah. Landasannya adalah sikap dan jiwa kesukarelawanan, tanggungjawab, dan kepedulian untuk melakukan suatu karya nyata yang berkualitas dan konsisten bagi kebermanfaatan masyarakat.

Pemilihan pemuda pelopor diselenggarakan rutin tiap tahun untuk menggali potensi putra-putri daerah yang secara konsisten memberikan sumbangsihnya kepada daerah melalui karya nyata.

Alam Reformasi Putra Pamungkas

Salah satu Pemuda Pelopor Kabupaten Purworejo 2024, Alam Reformasi atau yang biasa disapa AR menyampaikan, baginya ajang pemilihan pemuda pelopor bukan untuk memamerkan apa yang sudah diperbuat. Melainkan untuk mengajak lebih banyak pemuda agar aware terhadap permasalahan di sekitarnya. “Yakni agar kita tergerak untuk berkontribusi terlebih untuk Kabupaten Purworejo”, ungkapnya kepada Purworejo News yang menghubunginya pada Sabtu (18/5) malam.

AR mengungkapkan, dirinya sudah aktif melakukan kegiatan kepemudaan sejak mendirikan organisasi yang bergerak di bidang socio-education yakni Candradimuka Foundation tahun 2020.

Terkait pemilihan Pemuda Pelopor Provinsi, akan meliputi beberapa tahap. Yaitu seleksi administrasi, wawancara, dan fact finding atau tinjauan lapangan. Selanjutnya tiga pemuda pelopor terbaik masing-masing bidang akan ditunjuk untuk mengikuti pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional. Kita berharap ada wakil dari Kabupaten Purworejo yang dapat lolos ke tingkat nasional. (Ita)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *