10 Tips Aman Menggunakan Kartu Kredit agar Tidak Terjebak Utang

Kartu kredit adalah solusi untuk berbelanja dengan pembayaran cicilan. Sayangnya jika tidak bisa mengendalikan diri untuk belanja, bisa-bisa Anda terjebak utang. Apa tips aman menggunakan kartu kredit yang perlu Anda ikuti? 

Keasyikan berbelanja karena metode pembayaran yang mudah sering jadi alasan mengapa hutang kartu kredit menumpuk. Demi menghindari terjebak hutang, Anda bisa menerapkan beberapa cara mudah ini. 

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Alasan utama mengapa kartu kredit menarik adalah sistem pembayaran cicilan dengan tenor dari 3 sampai 12 bulan. Tenor yang cukup panjang ini memudahkan masyarakat untuk belanja produk dengan harga tinggi. 

Selain itu, pengguna kartu kredit juga sering mendapatkan diskon dari merchant yang bekerja sama. Namun jika tidak bisa mengendalikan diri sendiri, maka hutang kartu kredit bisa membengkak. 

Tidak ingin dikejar-kejar oleh hutang? Ikuti cara menggunakan kartu kredit untuk belanja online maupun offline berikut ini. 

Belanja saat Ada Promo Kartu Kredit 

Dibandingkan dengan pembayaran kartu debit atau tunai, promo lebih banyak tersedia untuk pengguna kartu kredit. Sebenarnya ini adalah salah satu trik agar kartu kredit sering dijadikan alat pembayaran. 

Anda yang memiliki kartu kredit pun harus lebih cermat dalam mengetahui promo ini. Belanja hanya ketika ada promo adalah salah satu tips yang bisa Anda lakukan. 

Hindari Membuat Kartu Kredit Tambahan

Saat ini tersedia layanan kartu kredit tambahan yang nantinya biaya cicilan hanya akan dibebankan oleh pemilik kartu yang sama. Biasanya hal ini dilakukan untuk keluarga yang membutuhkan kartu kredit tambahan. 

Tagihan Anda tidak akan membengkak jika tidak menggunakan fitur ini. Karena Anda bisa lebih mudah untuk mengatur pengeluaran untuk diri sendiri. 

Pembayaran Cicilan Sebelum Jatuh Tempo 

Hutang kartu kredit akan semakin membengkak jika Anda tidak mencermati tanggal jatuh tempo. Sudah banyak orang yang akhirnya memiliki banyak hutang karena akumulasi bunga kartu kredit. 
Penyebabnya adalah karena membayar cicilan lebih dari tanggal jatuh tempo sehingga bunga pun membengkak. 

Jangan Belanja Lebih dari Limit 

Tips aman menggunakan kartu kredit selanjutnya adalah memperhatikan limit yang dimiliki kartu. Jika Anda memiliki kartu kredit dengan limit 10 juta maka jangan pernah belanja lebih dari limit tersebut. 

Mengingat limit ini akan menjadi cara untuk mengerem kebiasaan belanja yang berlebihan. 

Membayar Lunas Tagihan 

Apabila Anda masih saja merasa kesulitan untuk mengurangi kebiasaan belanja, maka cara lainnya adalah dengan melunasi tagihan terlebih dahulu.

Misalnya saja Anda membeli smartphone dengan kartu kredit. Maka cukup gunakan kartu kredit untuk sekali transaksi. Anda bisa melunasi tagihan tersebut baru berbelanja kembali. 

Menghindari Penarikan Uang Tunai 

Jika 5 alternatif penggunaan kartu kredit dalam melakukan kebiasaan belanja di atas sudah dilakukan, maka selanjutnya adalah menghindari penarikan uang. Inilah kelebihan kartu kredit di mana Anda bisa menarik uang tunai. 

Kelebihan ini sering dimanfaatkan orang untuk mendapatkan modal atau uang untuk belanja di luar merchant kartu. Namun justru hal inilah yang menjadi sumber hutang, karena Anda bisa menarik uang sampai limit yang nantinya jadi beban finansial. 

Memilih Kartu Kredit dengan Limit sesuai Kemampuan 

Anda yang mendapatkan penawaran atau justru mengajukan kartu kredit di bank, bisa memilih manakah limit yang sesuai kemampuan. Pengukuran kemampuan ini bisa disesuaikan dengan penghasilan yang Anda miliki. 

Selain pemasukan, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan tujuan pembuatan kartu kredit. Apakah Anda ingin menggunakannya untuk belanja bulanan atau kebutuhan lainnya. 

Hindari atau Batasi Kebiasaan Berbelanja Online 

Cara lain supaya Anda terbebas dari hutang adalah membuat kartu kredit tidak bisa digunakan untuk belanja online atau membatasinya. Jadi Anda hanya menggunakan kartu kredit untuk belanja offline saja. 

Langkah ini cukup efektif sehingga ketika belanja online Anda akan berpikir ulang apakah benar-benar membutuhkannya atau tidak. Anda juga bisa mencari produk sejenis secara langsung. 

Teliti Kembali sebelum Bertransaksi 

Apakah selama ini Anda sudah cermat dalam membeli dengan kartu kredit? Apakah Anda hanya tertarik dengan produk kemudian langsung membayarnya dengan kartu kredit? 

Kebiasaan tersebut perlu diubah, Anda harus cermat dalam bertransaksi dengan mengamati banner di samping produk. Baik itu pembayaran dengan cicilan 0% atau diskon. 

Memilih Produk Kartu Kredit Hemat Biaya Tahunan

Cara paling bijak dalam menggunakan kartu kredit adalah sejak awal Anda telah memilih produk mana yang tepat. Saat ini sudah banyak kartu kredit yang disediakan sesuai dengan kebutuhan. 

Anda bisa mencermati dulu soal biaya serta fasilitas yang diberikan oleh kartu kredit tersebut. Khususnya mengenai beban biaya tahunan dan juga bunga cicilan yang akan dibebankan. 
Cermati kembali penawaran yang diberikan sehingga Anda tidak terlilit hutang setelah menggunakannya.

Contohnya saja Kartu Kredit UOB yang memiliki limit mulai dari 7 juta rupiah. 
Kartu kredit bank UOB ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari pembayaran tagihan TV kabel, listrik, air, BPJS dan masih banyak yang lainnya. 

Soal pembayaran dan pengecekan kartu kredit ini pun bisa dilakukan dengan mudah melalui Blibli. Jadi bagi Anda pemilik kartu kredit bank UOB, jangan lupa untuk instal dan buat akun Blibli sehingga pembayaran tagihan jadi lebih mudah dilakukan. 

Sesuai dengan tips aman menggunakan kartu kredit Anda perlu membayar tagihan tepat waktu agar tidak terlilit hutang. Hadirnya kemudahan dari Blibli ini tentu akan menghindari Anda dari hutang. (**)

Tinggalkan Komentar