Beranda ยป Rapsodi Demokrasi KPU Sukses Digelar, Ribuan Warga Tumpah Ruah di Alun-Alun Purworejo

Rapsodi Demokrasi KPU Sukses Digelar, Ribuan Warga Tumpah Ruah di Alun-Alun Purworejo

PURWOREJO, Ribuan masyarakat tumpah ruah di Alun-alun Purworejo menyaksikan penampilan dari Konco Mesra, Pendhoza, dan Guyon Waton pada Senin (19/8) malam. Acara yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo ini digelar dalam rangka menyambut 100 hari menjelang Pilkada Serentak Tahun 2024.

“100 hari adalah waktu yang singkat untuk kita semua mempersiapkan diri dalam rangka akan menggunakan hak kita di TPS nantinya. Saat ini KPU telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS). KPU akan memastikan hak pilih bapak ibu dan mendapatkan undangan hadir menggunakan hak suaranya,” ujar Ketua KPU Jarot Sarwosembodo saat pembukaan acara.

Dikatakan, KPU sedang mempersiapkan tahap pencalonan yang diawali dengan pengumuman pendaftaran pasangan calon kepala daerah Kabupaten Purworejo pada tanggal 24-26 Agustus 2024. “Ini adalah tahapan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Pendaftaran akan dilaksanakan pada tanggal 27-29 Agustus. Harapannya kita semua bisa bersinergi, membangun komunikasi yang baik dan mewujudkan pemilihan kepala daerah yang berkualitas dan bermartabat,” imbuh Jarot.

Ketua KPU Jarot Sarwosembodo saat membuka acara

Kemudian dilanjutkan penerimaan pendaftaran pasangan calon kepala daerah Kabupaten Purworejo tanggal 27 sampai 29 Agustus. Adapun penelitian persyaratan bakal pasangan calon kepala daerah Kabupaten Purworejo dilakukan tanggal 27 Agustus hingga 21 September. Tahapan selanjutnya yaitu penetapan pasangan calon kepala daerah Kabupaten Purworejo tanggal 22 September.

Diawali dengan penampilan Konco Mesra yang membawakan lima lagu andalannya, disambut antusias oleh para penonton yang didominasi kalangan muda, sasaran utama sosialisasi Pilkada. Disusul penampilan dari Pendhoza dengan musik hip hop khas mereka yang energik.

Di sela-sela penampilan mereka, dilakukan sosialisasi cara mencoblos yang benar, cek dpt online, dan ditampilkan video-video juara Lomba Vlog Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Tahun 2024 yang yang diadakan KPU pada 9 Juli lalu. Enam pemenang naik ke panggung untuk menerima hadiah yang diserahkan langsung oleh Ketua KPU.

Ribuan penonton padati Alun-Alun Purworejo

Sebagai bintang tamu utama, Guyon Waton berhasil menghipnotis penonton dengan lagu-lagu hits mereka seperti Korban Janji, Klebus, dan Kok Iso Yo. Grup band asal Yogyakarta ini menutup acara dengan membawakan total delapan buah lagu.

Ketiga bintang tamu tidak hanya menghibur penonton dengan lagu-lagu mereka, namun juga turut menyampaikan informasi tentang Pilkada Serentak 2024. Yakni menginformasikan tanggal pemilihan dan mengajak para penonton untuk menggunakan hak pilihnya.

Jarot berharap masyarakat Kabupaten Purworejo menggunakan hak pilihnya pada tanggal 27 November 2024 sehingga partisipasi masyarakat dalam Pilkada Serentak meningkat dari tahun sebelumnya. (Ita)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *