Beranda Ā» Alumni SMAN 1 Purworejo Raih 2 Penghargaan Bergengsi di Kompetisi Inovasi Internasional

Alumni SMAN 1 Purworejo Raih 2 Penghargaan Bergengsi di Kompetisi Inovasi Internasional

PURWOREJO, Frizal Harna Faturachman, alumni SMAN 1 Purworejo (Muda Ganesha/MG) Tahun 2022 berhasil menorehkan prestasi gemilang dalam kompetisi inovasi internasional ITEX 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 26-17 Mei lalu. Frizal yang kini tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung berhasil meraih dua penghargaan bergengsi dalam kejuaraan tersebut.

Frizal yang tergabung dalam Padjadjaran High Level Organization for Excellence In New Age Research (Phoenic Unpad) itu mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan Malaysia sebagai satu-satunya tim dari Indonesia yang meraih Special Award, disusulĀ  tim Korea Selatan.

Kemenangan kedua datang dalam bentuk penghargaan medali perak dari Malaysia Invention Design Society (MINDS). Adapun inovasi yang dibawa bernama BioSweat yang telah mengubah paradigma dalam deteksi kesuburan pada wanita.

Frizal bersama para investor dari Rusia

“BioSweat (Biosensor Estrogen Detection Through Sweat, A Revolutionary Tool for Real Time Estrogen Monitoring Through Sweat Analysis) merupakan sebuah biosensor revolusioner yang mampu mendeteksi estrogen secara real-time melalui analisis keringat,” sebut Frizal pada Rabu (22/5).

Keberhasilan Frizal dan timnya dalam mengembangkan alat ini menjadi bukti nyata akan potensi luar biasa yang dimiliki oleh mahasiswa Indonesia dalam kancah inovasi global. Menurutnya, pasca pengumuman kompetisi, ia dihampiri oleh lima investor dari Rusia.

Rupanya mereka tertarik dengan materi yang disampaikan Feizal dan timnya. Frizal berharap ajang seperti ini bisa melebarkan sayapnya untuk bisa lebih berinovasi dan dapat memberikan manfaat bagi banyak orang. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *