Beranda Ā» Temui Gubernur DIY, Bupati Purworejo Bahas Kerjasama Wisata dan Suplai Air Bersih

Temui Gubernur DIY, Bupati Purworejo Bahas Kerjasama Wisata dan Suplai Air Bersih

YOGYAKARTA, Bupati Purworejo Yuli HastutiĀ  menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Kamis (18/4). Dalam pertemuanĀ  berlangsung sekitar dua jam di Ruang Rapat Gadri Kompleks Kepatihan, Yogyakarta itu, kedua belah pihak membahasĀ  beberapa kerjasama yang telah dilakukan.

Usai pertemuan, Bupati yang didampingi Pj Sekretaris Daerah Achmad Kurniawan Kadir dan Direktur PDAM Tirta Perwitasari Hermawan Wahyu Utomo menjelaskan, Sri Sultan menyambut baik berbagai kerjasama yang telah dilakukan. Sri Sultan berharap, berbagai kerjasama yang telah dan akan dilakukan ke depan dapat memberikan manfaat.

ā€œTadi Sri Sultan sangat menyambut baik kehadiran kami dan siap mendukung berbagai kerjasama yang dapat memberikan manfaat, khususnya manfaat bagi khalayak umum,ā€ ungkap Bupati.

Pj Sekda Achmad Kurniawan KadirĀ  menambahkan, salah satu kerjasama yang menjadi bahasan utama dalam pertemuan itu adalah penjajakan kerjasama terkait pengadaan air bersih untuk mencukupi kebutuhan Yogyakarta International Airport (YIA).

ā€œSelain membahas kerjasama terkait pengadaan air bersih, tadi juga dibahas beberapa kerjasama yang telah terjalin selama ini. Selain itu itu juga dibahas terkait kerjasama wisata, karena kita satu kawasan yang saling mendukung satuĀ  sama lain,ā€ kata Wawan sapaan akrab Pj Sekda Purworejo.

Pertemuan antara pemkab Purworejo dan Pemprov DIY

Adapun Direktur PDAM Tirta Perwitasari menjelaskan bahwa pihaknya menawarkan kerjasama penyediaan suplai air bersih untuk memenuhi kebutuhan YIA. ā€œKita menawarkan suplai air diambil dari air Sungai Bogowonto di Kecamatan Bagelen. Ini akan memberikan perbandingan yang lebih efisien dibanding harus mengambil air dari Bendungan Bener melalui Kecamatan Loano,ā€ kata Hermawan.

Ia mengungkapkan, bahwa pihaknya memiliki kemampuan menyediakan suplai air 3.000 liter per detik. Sedangkan kebutuhan YIA sekitar 6.000 liter per detik. Jadi potensinya, Purworejo akan mampu menyuplai separuh kebutuhan YIA. ā€œTerakhir diukur oleh UGM mencapai 3.000 liter per detik. Saat ini ijin yang sudah keluar 50 liter per detik, dan ke depan akan terus dikembangkan secara bertahap,” ungkap Hermawan.

Dalam waktu dekat, menurut Hermawan, pihaknya akan bertemu dengan PDAM Kulon Progo dan harapannya akhir tahun ini kerjasama tersebut dapat terealisasi.

Staf Ahli Bupati Purworejo Bidang Kemasyarakatan dan SDM Rita Purnama, Kabag Perekonomian dan SDA Anggit Wahyu Nugroho, Kabag Prokopim Anas Naryadi, dan Kabid Cipta Karya DPUPR Riski Khozari juga turut mendampingi bupati dalam acara tersebut. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *