Beranda » Jelang Ramadan, Harga Bahan Pokok di Purworejo Stabil, Cabai Alami Penurunan

Jelang Ramadan, Harga Bahan Pokok di Purworejo Stabil, Cabai Alami Penurunan

PURWOREJO, Menjelang Bulan Ramadan, harga barang kebutuhan pokok di Kabupaten Purworejo terpantau stabil. Meskipun pada beberapa waktu lalu harga telur sempat naik, namun harga-harga bahan pokok lainnya seperti beras, minyak, dan sayuran tergolong stabil.

Ditemui Purworejo News pada Minggu (10/3), pemilik Kios Lestari Baledono, Eko menuturkan bahwa harga bahan-bahan pokok dalam dua minggu terakhir masih stabil, bahkan ada yang mengalami penurunan. “Harganya pada minggu-minggu ini masih stabil, malah ada penurunan pada cabe,” ungkapnya.

Harga cabai rawit mengalami penurunan dari Rp 60.000 menjadi Rp 50.000 per kg. Bahkan untuk cabai yang kualitasnya kurang bagus hanya Rp 40.000. Sementara itu untuk tomat mengalami kenaikan harga. Harga tomat yang semula Rp 15.000 menjadi Rp 18.000. Namun demikian, menurut Eko kenaikan harga tomat tersebut tidak ada kaitannya dengan bulan Ramadan, melainkan memang karena terjadi kelangkaan. “Stoknya menurun, karena hujan” lanjutnya.

Suasana di Kios Lestari Pasar Baledono

Eko menambahkan, untuk harga telur sejak mengalami kenaikan, sampai saat ini belum mengalami penurunan. “Telur masih stabil di harga Rp 31.000 per kg,” jelasnya. Untuk harga komoditas beras, minyak, bawang-bawangan, dan kentang juga demikian.

Selanjutnya Eko menyampaikan, harga beras masih di kisaran Rp 16.000 hingga Rp 18.000 tergantung jenisnya. Bawang merah masih di harga Rp 33.000 hingga Rp 36.000, bawang putih Rp 35.000 hingga Rp 41.500. “Sedangkan harga minyak bervariasi, yang termurah Rp 17.000,” tambah Eko.

Bahkan menurut Eko jumlah pembeli beberapa hari ini justru mengalami peningkatan. “Terutama hari ini, ada kenaikan jumlah pembeli sebesar 20%,” pungkasnya. (Ita)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *