Beranda » MPP Digital Diresmikan, Purworejo Siap Tingkatkan Layanan Masyarakat

MPP Digital Diresmikan, Purworejo Siap Tingkatkan Layanan Masyarakat

PURWOREJO, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo siap melaksanakan integrasi dan keterpaduan layanan digital dengan menerapkan Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital. MPP Digital menjadi bagian dari strategi taktis guna mempercepat pelayanan publik, termasuk untuk meningkatkan investasi.

Hal itu disampaikan Bupati Yuli Hastuti usai menghadiri acara Peresmian Bersama Mall Pelayanan Publik (MPP) dan Penguatan Komitmen Penerapan MPP Digital, Kamis (7/3) di Hotel Ritz Carlton Jakarta. Peresmian Bersama MPP pada 16 kabupaten/kota dan MPP Digital di 60 kabupaten/kota dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas didampingi Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

Usai acara, Bupati mengungkapkan, kehadiran MPP digital seharusnya mampu mengikis layanan publik yang identik dengan menyita waktu, antrean panjang, praktek percaloan, dan minimnya informasi layanan. “Pemkab Purworejo berkomitmen dalam pembentukan MPP Digital. Kami akan melakukan berbagai hal yang diperlukan agar nantinya dinyatakan siap untuk menerapkan MPP Digital. Harapannya dengan hadirnya MPP Digital dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Purworejo Agung Wibowo AP juga memberikan keterangan bahwa MPP Digital merupakan transformasi pelayanan publik agar dapat memberikan layanan yang efektif kepada masyarakat. “Integrasi dan keterpaduan layanan digital harus dilakukan agar semuanya lebih simpel serta tidak membingungkan masyarakat,” ungkap Agung.

Bupati bersama kepala daerah peserta acara

Ditambahkan bahwa pihaknya telah mengusulkan permohonan pemanfaatan MPP Digital kepada kementerian PANRB pada bulan Oktober tahun 2023. Terdapat beberapa variabel yang perlu disiapkan dalam penerapan MPP Digital. Yakni, minimal 4,4% persentase indentitas kependudukan digital dan minimal 60% persentase kualitas pengisian data pada Sistem Informasi SDM Kesehatan (SISDMK).

“Kami sudah masuk 60 kabupaten/kota yang akan ditetapkan tahun 2024 untuk menerapkan MPP Digital. Hari ini kita melakukan penguatan komitmen penerapan MPP Digital,” terang Agung. Untuk tahap awal, lanjutnya, akan dilakukan uji coba untuk dua dinas yang telah siap memanfaatkan MPP Digital, yakni Disdukcapil dan Dinkes. Setelah dilakukan uji coba dan dapat berjalan baik, nantinya aplikasi dinas/instansi lain juga akan menyesuaikan menjadi satu aplikasi.

Nantinya, MPP Digital menggunakan skema single sign-on yang diterapkan pada semua lini pelayanan publik di lingkup pemerintah daerah, dimana masyarakat dapat mengakses semua layanan hanya dengan menggunakan satu akun saja dan cukup sekali mengunggah dokumen persyaratan layanan. “Saat ini kita akan mengejar untuk segera menggunakan aplikasi MPP Digital dalam pelayanan perizinan di bidang kesehatan dan dukcapil. Harapannya dengan hadirnya MPP Digital dapat mewujudkan pelayanan yang lebih sederhana, mudah, dan cepat,” pungkasnya. (Ita)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *