Beranda Ā» Ratusan Penggemar Cosplay Berkumpul di Pekan Raya Purworejo, Meriahkan Kontes Coswalk

Ratusan Penggemar Cosplay Berkumpul di Pekan Raya Purworejo, Meriahkan Kontes Coswalk

PURWOREJO, Ratusan penggemar cosplay atau kostum tokoh karakter fiksi berkumpul di area Pekan Raya Purworejo (PRP) pada Minggu (22/10) siang. Beragam cosplay yang identik dengan tokoh fiksi Jepang berseliweran di sekitar panggung PRP dan menarik perhatian pengunjung untuk sekedar berfoto atau menyapa.

Lagu-lagu soundtrack film animasi Jepang juga turut memeriahkan acara. Saat Lagu soundtrack Naruto yakni Silhouette dinyanyikan oleh dua penyanyi di panggung, para penonton yang ada di bawah panggung langsung berjingkrak-jingkrak. Mereka pun menari membentuk putaran bersama dan melakukan flashmob.

Di Purworejo, komunitas penggemar cosplay diberi nama Ensaku. Ketua Ensaku, Rizky Kusuma Handika (21) yang biasa disapa Han, kepada Purworejo News menjelaskan asal muasal dibentuknya komunitas tersebut.

Han menuturkan, Ensaku baru dibentuk pada tanggal 19 Maret tahun 2023. “Ensaku dibentuk untuk menampung mereka yang punya hobi sama di bidang cosplay, juga buat tempat mengekspresikan diri,” tutur Han.

Para pemenang empat kategori bersama juri

Ensaku, menurut Han, berarti sakura yang tak gugur. Saat ini anggota Ensaku sudah sebanyak 245 orang. Rata-rata mereka adalah remaja SMP dan SMA.

Selain coswalk yang baru pertama kali digelar, Ensaku sudah sering mengadakan kegiatan bersama. Salah satunya yakni membagikan takjil saat Ramadhan lalu.

Terkait lomba coswalk, Han menyebutkan, setiap peserta selain mengikuti cosplay juga harus memperagakan karakter yang dikenakan dengan durasi 10 hingga 30 detik. “Pesertanya selain dari Purworejo ada juga yang dari Magelang,” imbuhnya.

Panitia pun memilih empat kategori pemenang. Yakni best performance, best costume, best male, dan best female. Han berharap kegiatan tersebut dapat bermanfaat terutama untuk wadah mengekspresikan diri. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *