Beranda » 222 Hari Amankan Pemilu, Polres Purworejo Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata

222 Hari Amankan Pemilu, Polres Purworejo Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata

PURWOREJO, Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo memimpin apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 pada Kamis (19/10) sore. Selain Polres Purworejo, apel yang digelar di halaman Mapolres itu juga diikuti personel Polisi Militer, Kodim 0708, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan.

Operasi Mantap Brata dilakukan sebagai upaya Polri mengamankan pemilu 2024 dengan didukung TNI, kementerian/lembaga dan instansi terkait serta mitra kamtibmas lainnya. Operasi dilaksanakan selama 222 hari sejak tanggal 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024.

Adapun pemilu saat ini sudah memasuki tahapan pendaftaran legislatif serta pendaftaran presiden dan wakil presiden. Sebanyak 60 personel Polres Purworejo dikerahkan untuk tahapan pemilu tersebut di Kantor Bawaslu dan KPUD.

Kapolres secara simbolis memberikan atribut kegiatan

Kapolres mengatakan, apel gelar pasukan  merupakan bentuk pengecekan kesiapan personel dan sarpras Operasi Mantap Brata, sehingga pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Sebagai dukungan terhadap operasi Mantap Brata 2023-2024, Polri juga menggelar Operasi Nusantara Cooling System 2023-2024. “Operasi ini bertujuan mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu sara, propoganda firehose of falsehood serta black campaign. Semuanya dilengkapi dengan satgas anti money politic serta satgas pemilu damai,” kata Kapolres.

Terkait tindak pidana pemilu, lanjut Kapolres, dilakukan koordinasi dan kolaborasi antar pilar sentra gakkumdu. Tujuannya agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana pemilu dapat dilakukan secara profesional dan transparan, sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *