Beranda » Pasca Insiden Argo Wilis Tabrak Argo Semeru di Kulonprogo, Ini Skenario Perjalanan KA

Pasca Insiden Argo Wilis Tabrak Argo Semeru di Kulonprogo, Ini Skenario Perjalanan KA

KUTOARJO, Insiden tertabraknya Kereta Argo Semeru oleh Argo Wilis di jalur rel Sentolo, Kulon Progo pada Selasa (17/10) siang membawa imbas perubahan rute beberapa kereta api yang melewati lintasan tersebut. Termasuk kereta yang melintas di Stasiun Kutoarjo.

Dihubungi Purworejo News pada Selasa sore, Humas PT KAI Daop 5 Krisbiantoro menyampaikan skenario perjalanan KA. Dijelaskan, KA dari Bandung ke arah Yogyakarta dan Surabaya diputarkan ke arah Kroya – Purwokerto – Tegal. Lalu KA dari Purwokerto ke arah Yogyakarta dan Surabaya diputarbalik ke arah Purwokerto – Tegal – Semarang.

“Selanjutnya penumpang KA Argo Semeru dievakuasi dengan eks rangkaian KA 148 atau Sawunggalih untuk dibawa ke arah Kroya – Purwokerto dan melanjutkan ke Jakarta menggunakan KA lain. Sedangkan penumpang KA Argo Wilis dievakuasi menggunakan KA Bandara Wates – Yogya. Sementara dari Yogya
dalihkan ke KA lain,” jelasnya.

Beberapa KA yang terpaksa memutar, lanjut Krisbi, yakni KA 115 (Ranggajati) dari Solo ke Cirebon, KA 211 (Logawa) dari Solo ke Tegal – Purwokerto, KA 105 (Gayabaru Malam selatan) Solo ke Cirebon, KA 122 (Jokotingkir) Cirebon – Solo – Purwosari, dan KA 124 (Bangunkarta) Cirebon – Solo .

Petugas PT KAI berada di lokasi kejadian


“PT KAI juga melakukan evakuasi rangkaian di lokasi dengan mengirimkan crane dari Solo, Cirebon, dan Banjar,” lanjut Krisbi. Ia menyebutkan, meski mengalami kerusakan yang cukup parah, beruntung insiden tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Berdasarkan laporan yang diterima Tim Kesehatan KAI, Krisbi menyampaikan korban luka ringan sebanyak empat orang. Mereka dirawat di RS Queen Latifa. Yakni Yosi Putri Utami (37), Chrisman Manurung (72), Karolus Tanawani (54), dan Monika Aprilia (26).

Dari keempat korban tersebut hanya Monika yang dirawat inap. “Penyisiran tim kesehatan ke RSUD Nyi Ageng Serang Kulonprogo dan RSUD Wates tidak ada korban yang dirawat di sana,” tandas Krisbi. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *