Beranda » Wabup Serahkan Bantuan Paket ODF dan Sembako kepada Warg Sucenjurutengah

Wabup Serahkan Bantuan Paket ODF dan Sembako kepada Warg Sucenjurutengah

BAYAN, Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti menyerahkan bantuan paket ODF dan sembako di Kelurahan Sucenjurutengah, Kecamatan Bayan, Selasa (26/9). Bantuan diserahkan secara simbolis kepada Lurah Sucenjurutengah Kelik Dwi Setyawan, disaksikan Ketua Baznas Purworejo KH Achmad Hamid, Camat Bayan Dwi Cahyono Hadi Saputro.

Wabup mengatakan Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan merupakan suatu kondisi dimana masyarakat telah melakukan sanitasi total, yaitu dengan tidak buang air besar sembarangan (BABS). BABS merupakan salah satu faktor risiko penularan penyakit, seperti diare, kolera, dan tifus. 

”Dengan tercapainya ODF, diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Untuk itu saya minta seluruh masyarakat terus bekerja sama dalam mewujudkan ODF dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Wabup bersama pengurus Baznas dan penerima bantuan

Kepada warga Sucenjurutengah, Wabup mengajak untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dan tidak BABS. Pemerintah Kelurahan juga diharapkan dapat terus meningkatkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan ODF.

“Kepada Dinas Kesehatan, saya meminta untuk terus memberikan pendampingan dan pembinaan kepada kelurahan dalam upaya mewujudkan ODF,” tandasnya.

Lurah Sucenjurutengah Kelik Dwi Setyawan menjelaskan, berdasarkan hasil verifikasi di lapangan, terdapat 20 keluarga yang masih BABS dan benar-benar tidak bisa melaksanakan BAB di fasilitas umum seperti mushola atau tempat kerabat terdekat. 

”Alhamdulillah setelah kami mengajukan proposal kepada Baznas Purworejo, kami mendapatkan bantuan untuk 20 keluarga ini,” ungkapnya. (Nas)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *