Beranda » Dibuka Wabup, Pemdes Aglik Gelar Festival Panjat Pinang

Dibuka Wabup, Pemdes Aglik Gelar Festival Panjat Pinang

GRABAG, Pemerintah Desa Aglik, Kecamatan Grabag,  kembali menggelar Festival Panjat Pinang 2023 yang dilangsungkan di Jembatan Sengoro, Minggu (20/8). Festival yang digelar dalam rangka HUT ke-78 RI itu dibuka oleh Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti.

Wabup didampingi Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani, anggota Komisi IV DPRD Rini Sumadiyaningrum, Direktur PDAM Hermawan Wahyu Utomo, Camat Grabag Eko Setyo Husodo, beserta jajaran Forkompincam Grabag. 

Wabup mengapresiasi  masyarakat Desa Aglik yang telah menggelar Festival Panjat Pinang, yang tidak hanya diikuti oleh warga Desa Aglik, tetapi juga warga desa sekitarnya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi hiburan dan daya tarik wisata, yang menjadi ikon Desa Aglik,” kata Wabup.

Menurut Wabup, lomba panjat pinang merupakan sebuah acara tradisional yang sarat dengan makna dan simbolisme tentang kerja sama, tekad dan semangat pantang menyerah yang sepatutnya diteladani.

Wabup Yuli Hastuti

“Kita tahu panjat pinang bukanlah pekerjaan mudah, namun dengan semangat kebersamaan dan tekad yang kuat, kita dapat menghadapinya dengan penuh keberanian dan semangat juang,” tutur Wabup.

Sementara itu Ketua Panitia kegiatan Viktor Andi  menyampaikan festival yang digelar untuk kedelapan kalinya ini menyiapkan enam buah pinang dengan berbagai hadiah menarik dengan total hadiah tiap pinang senilai Rp 2,5 juta. 

Adapun pesertanya dari tiap RW ditambah warga desa lain, dengan jumlah 20 tim. Masing-masing RW dibagi satu pohon. edang untuk luar desa dijatah tiga pohon untuk 12 desa,” kata Viktor.

Viktor berharap agenda rutin ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang, karena selain memeriahkan HUT Kemerdekaan, agenda ini juga sebagai daya tarik wisata sekaligus media untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Aglik. (Nas)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *