Beranda » Siswi SMPN 2 Purworejo Ikuti Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan

Siswi SMPN 2 Purworejo Ikuti Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan

PURWOREJO, Setelah menyiapkan diri sejak duduk di jelas VII,  Zayyana Fathania Mahira anggota Pramuka Penggalang siswi kelas IXF SMPN 2 Purworejo akhirnya berangkat ke Korea Selatan untuk mengikuti Jambore Pramuka Dunia (World Scout Jamboree/WSJ) ke-25. WSJ akan dihelat di Korea Selatan tanggal 1-12 Agustus mendatang. Didampingi ibunya, Ismawati Ike Nugraheni, Zayyana pun dilepas oleh pihak sekolah bersama dengan Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti.

WSJ merupakan ajang jambore pramuka internasional yang diadakan setiap empat tahun sekali, diikuti puluhan ribu anggota Pramuka dari berbagai negara di dunia berusia 14 hingga 17 tahun.

Acara pelepasan yang diadakan di ruang multimedia SMPN 2 pada Kamis (27/7) siang itu juga dihadiri oleh wakil anggota DPRD Kelik Susilo Ardani, anggota DPRD Hendricus Karel, dan Ketua Kwarcab Pram Prasetyo Ahmad. Adapun Zayyana akan  berangkat ke Jakarta sebelum bertolak ke Korea bersama rombongan dari kontingen Jawa Tengah pada tanggal 29 Juli mendatang.

Kepala SMPN 2 Sutarto, M.Pd selain menyatakan bangga atas prestasi anak didiknya, juga menyampaikan prestasi lain anggota Pramuka Gudep SMPN 2. “Pada tanggal 10-16 Juli lalu Gudep kami juga menjadi juara 1 pada Kemah Bela Negara tingkat nasional yang diadakan di Kalimantan,” jelasnya.

Sebanyak delapan siswa SMPN 2 yang mengikuti Kemah Bela Negara tersebut. Sedangkan Pramuka Garuda Gudep SMPN 2 akan mewakili Kabupaten Purworejo ke tingkat provinsi tanggal 4 hingga 6 Agustus mendatang.

Zayyana diberi sangu oleh wakil bupati

Menurut pembina Pramuka SMPN 2 Ani wahyuningsih, persiapan Zayyana
mengikuti jambore dunia telah dilakukan sejak dua tahun lalu. “Latihan materi yang diberikan berupa pengetahuan umum, wawasan kebangsaan, kepramukaan, dan cinta tanah air. Materi-materi tersebut dikemas dalam latihan setiap hari Jumat saat ekstra Pramuka,” jelas Ani.

Terkait dengan prestasi SMPN 2 di ajang kepramukaan, Ketua kwarcab Pram Prasetyo Ahmad menyebutkan, empat tahun lalu yakni tahun 2019, siswi SMPN 2 juga mewakili Purworejo di ajang WSJ yang diadakan di Virginia Amerika.

“Rata-rata pesertanya dari SMPN 2 yang jadi wakil Purworejo, dan selalu menjadi juara di berbagai lomba Pramuka baik di tingkat regional maupun nasional,” kata Pram bangga.

Adapun wabup Yuli Hastuti selain menyampaikan ucapan selamat juga mengungkapkan rasa bangga kepada Zayyana,  putri terbaik daerah yang akan membawa nama  baik purworejo di ajang internasional.

“Jaga kesehatan, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, serta fokus dalam semua kegiatan,” pesan wabup sebelum menyematkan jaket kontingen kepada Zayyana dan memberikan uang saku. Dirinya juga mengapresiasi para pembina, pengampu, dan orang tua yang telah mempersiapkan semuanya dengan sebaik-baiknya. (Dia)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *