Beranda ยป “Gedung KPU Digeruduk Massa,” Polres dan Satpol PP Purworejo Turunkan Ratusan Personel

“Gedung KPU Digeruduk Massa,” Polres dan Satpol PP Purworejo Turunkan Ratusan Personel

PURWOREJO, Polres Purworejo bersama TNI, Brimob, Damkar dan KPU melaksanakan latihan simulasi Sispamkota (Sistem Pengamanan Kota) dalam rangka persiapan menghadapi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2024 yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini. Simulasi digelar di Kecamatan Banyuurip dengan rekayasa pengamanan kerusuhan massa saat pilkada. Dalam simulasi yang digelar di terminal lama itu, para personel dilatih ketrampilannya menghadapi situasi yang terjadi.

Kapolres Purworejo AKBP Edy Bagus Sumantri menyampaikan, latihan ini melibatkan semua unsur terkait. Antara lain anggota Polres 350 orang, Brimob 100 orang, TNI dan Pemadam kebakaran 50 orang, ditambah dari KPU, Bawaslu dan Linmas atau Hansip desa/kelurahan.

“Jika nantinya dalam Pilkada ada kejadian yang berpotensi menggangu Kamtibmas, maka masyarakat segera melaporkan ke TNI/Polri yang bertugas PAM TPS. Mari masyarakat Purworejo, kami mohon kerjasamanya bersama-sama menjaga Kamtibmas untuk Pemilukada mendatang,” himbau Kapolres.

Dirinya berharap semua unsur saling mendukung dalam menjaga Kamtibmas sehingga pelaksanaan pilkada bisa berjalan tertib, lancar dan tanpa halangan.

Simulasi Aparat Mengamankan Massa yang Anarkis

Panitia Pemungut Suara Desa/Kelurahan (PPS) Tanjung Anom Kecamatan Banyuurip, Muhammad Fatoni mengatakan, dirinya bersama teman-teman saling berbagi peran saat mengikuti sosialisasi.

Dalam simulasi Sispamkota ini, diilustrasikan bahwa dalam pemungutan suara ada kerusuhan sehingga massa tidak terkendali dan berhasil menguasai gedung KPU dengan anarkis.

Mereka melakukan perlawanan pada aparat, membakar ban bekas hingga menjarah dan membakar minimarket setempat. Namun, dengan ketrampilan yang mumpuni aparat Kepolisian dibantu TNI dan Damkar mampu membubarkan massa dan menangkap warga yang diduga menjadi provokator. (Dia)

Loading

One thought on ““Gedung KPU Digeruduk Massa,” Polres dan Satpol PP Purworejo Turunkan Ratusan Personel

  1. Simulasi seperti itu memang sangat penting, agar selalu siaga dalam menghadapi hal2 yang tidak diharapkan. Namun, kita berharap, situasi itu tidak terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *