Beranda ยป Festival Pohon Pinang Berlangsung Meriah, 18 Tim Perebutkan 6 Sepeda di Desa Aglik Grabag Purworejo

Festival Pohon Pinang Berlangsung Meriah, 18 Tim Perebutkan 6 Sepeda di Desa Aglik Grabag Purworejo

GRABAG, Pemerintah Desa Aglik Kecamatan Grabag kembali menggelar Festival Panjat Pinang 2024 yang berlangsung di Jembatan Sengoro Kali Lereng Desa Aglik pada Minggu (1/9). Kegiatan ini dilaksanakan masih dalam rangka Peringatan HUT ke-79.

Festival panjat pinang berlangsung meriah, dengan total enam batang pinang yang disiapkan dan berbagai hadiah menarik lainnya. Adapun peserta yang mengikuti festival ini adalah warga Desa Aglik dan beberapa warga desa lain disekitarnya dengan jumlah total 18 tim.

Pohon pinang tersebut dipasang di tepi sungai dengan posisi miring dan disangga menggunakan dua bambu lain. Saat memanjat, posisi peserta merangkak naik ke atas pohon pinang untuk mengambil aneka hadiah yang bergantungan di bagian puncak, termasuk sepeda.

“Hadiah utamanya ada sepeda di masing-masing pinang. Pengunjung juga bisa memberikan saweran berupa uang. Kita juga menyiapkan kupon doorprize bagi pengunjung yang hadir. Alhamdulillah pengunjung juga sangat ramai,” kata ketua panita, Viktor Andi, di sela-sela kegiatan.

Viktor berharap agenda ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. Menurutnya, selain memeriahkan HUT Kemerdekaan, agenda ini juga sebagai daya tarik wisata sekaligus media untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Aglik.

Kepala Dinas Kominfostasandi Kabupaten Purworejo Yudhie Agung Prihatno hadir mewakili Bupati Purworejo. Turut hadir Camat Grabag Eko Setyo Husodo, jajaran Forkopimcam Grabag, Kepala Desa Aglik Basiyo serta tamu undangan lainnya.

Lomba panjat pinang, menurut Yudhie, merupakan sebuah acara tradisional yang sarat dengan makna dan simbolisme tentang kerja sama, tekad dan semangat pantang menyerah yang sepatutnya diteladani.

“Kita tahu panjat pinang bukanlah pekerjaan mudah, namun dengan semangat kebersamaan dan tekad yang kuat, kita dapat menghadapinya dengan penuh keberanian dan semangat juang. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin sehingga bisa menjadi hiburan dan daya tarik wisata, yang menjadi ikon Desa Aglik,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Grabag. Eko pun memberikan apresiasi kepada masyarakat Desa Aglik serta panitia yang telah menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI. “Mudah- mudahan di tahun yang akan datang bisa tetep dipertahankan, ditata dan lebih meriah lagi. Tetap semangat dan yang penting semuanya sehat,” harapnya. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *