Beranda » Beredar Akun WhatsApp Pjs. Bupati Purworejo, Kadin Kominfostasandi: Hoaks Kategori Penipuan

Beredar Akun WhatsApp Pjs. Bupati Purworejo, Kadin Kominfostasandi: Hoaks Kategori Penipuan

PURWOREJO, Belum genap sebulan bertugas sebagai Pjs Bupati Purworejo, nomor WhatsApp Endi Faiz Effendi dicatut pihak tak bertanggungjawab. Dengan menggunakan foto profil Pjs Bupati Endi, penipu itu mengirim pesan WhatsApp ke Kaban Kesbangpol dan banyak pihak. Faktanya, klaim yang mengatakan bahwa Pjs. Bupati Purworejo lain adalah tidak benar.

Dalam penjelasannya, Kadin Kominfostasandi Yudhie Agung Prihatno mengungkapkan bahwa pesan tersebut adalah hoaks, dan termasuk kategori penipuan. “Kami meminta masyarakat untuk tidak menanggapi pesan yang mengatasnamakan Pjs Bupati atau pejabat pemkab yang lain dalam bentuk apapun. Karena terindikasi hoaks dan disinyalir penipuan,” jelas Yudhie.

Ia pun menghimbau masyarakat agar waspada terhadap model kejahatan baru. Termasuk penggunaan pengubah suara supaya terdengar mirip aslinya. “Yang bersangkutan sempat telpon ke teman-teman perangkat daerah, suara mirip, minta kamar hotel,” jelas Yudhie.

Meski yang bersangkutan belum menyebutkan nama hotel yang diminta, para perangkat daerah yang ditelepon langsung menjawab “tidak” dan akhirnya komunikasi diputus. Saat Yudhie berusaha menelpon, nomor yang bersangkutan tidak aktif alias tidak bosa ditelepon. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *