Beranda » Hindari Jeratan Hukum, Kepala SMPN dan Ketua Komite Sekolah se-Kabupaten Purworejo Ikuti Sosialisasi Saber Pungli

Hindari Jeratan Hukum, Kepala SMPN dan Ketua Komite Sekolah se-Kabupaten Purworejo Ikuti Sosialisasi Saber Pungli

PURWOREJO, Tim Saber Pungli Kabupaten Purworejo menggelar sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) kepada para ketua komite dan kepala SMP negeri se-Kabupaten Purworejo. Tim Saber Pungli Kabupaten Purworejo terdiri atas Polres, Inspektorat Kabupaten, Kejaksaan Negeri, dan Polisi Militer Subdenpom yang dibagi beberapa pokja. Sosialisasi yang digelar Rabu (25/9) di Gedung KPRI itu dilaksanakan oleh Pokja Pencegahan.

Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Purworejo Kompol Fadli menjelaskan, sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan pemahaman para pendidik terkait bahaya dan konsekuensi hukum dari praktik pungutan liar, khususnya di lingkungan sekolah. Waka Polres Purworejo ini mengungkapkan, kegiatan sosialisasi Saber Pungli ini sebetulnya belum dilaksanakan di Kabupaten lainnya. “Namun karena kami sayang pada bapak ibu yang pada dasarnya merupakan guru-guru kami semua, untuk itu di Kabupaten Purworejo ini kami laksanakan,” ujarnya.

Kompol Fadli juga menegaskan pentingnya peran kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang bersih dari pungutan liar. “Pungli merupakan tindakan ilegal yang sangat merugikan masyarakat, terutama dalam dunia pendidikan. Kami berharap kepala sekolah dapat menjadi contoh dan memastikan semua pihak di sekolah berkomitmen untuk menolak pungli,” ungkapnya.

Dalam sosialisasi tersebut, tim Saber Pungli Kabupaten Purworejo memaparkan berbagai modus operandi pungli yang sering terjadi di sekolah. Seperti pungutan tidak resmi untuk kegiatan ekstrakurikuler, dana pembangunan, hingga penerimaan siswa baru. Para kepala sekolah diminta untuk lebih waspada dan tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum tersebut.

Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Purworejo Kompol Fadli

“Sudah ada beberapa laporan dari masyarakat yang masuk pada kami. Untuk itu Tim Saber Pungli yang merupakan filter berusaha melakukan pencegahan jangan sampai yang niatnya menarik sumbangan untuk mendukung kegiatan di sekolah malah menjadi tindakan kriminal yang tentunya akan merugikan karir dari bapak ibu guru,” tegas Kompol Fadli.

Selain memberikan pemahaman mengenai regulasi yang berlaku, Tim Saber Pungli Kabupaten Purworejo juga menekankan bahwa sanksi tegas akan diberikan kepada siapa saja yang terbukti terlibat dalam pungli, baik pihak sekolah maupun pihak lainnya. Sosialisasi ini juga diharapkan dapat menumbuhkan budaya transparansi dan akuntabilitas di lingkungan sekolah.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan seluruh sekolah di Kabupaten Purworejo dapat menjalankan tugasnya dengan integritas tinggi dan bebas dari segala bentuk pungutan liar, sehingga tercipta lingkungan pendidikan yang sehat, transparan, dan jujur.

Tak hanya memberikan sosialisasi, Tim Saber Pungli Kabupaten Purworejo juga meminta kritik dan masukan dari para peserta sosialisasi. “Apabila nantinya ada hal-hal negatif dari kami lakukan sebagai Tim Saber Pungli, silakan disampaikan saja agar menjadi evaluasi bagi Tim Saber Pungli Kabupaten Purworejo,” pungkas Kompol Fadli.

Para kepala sekolah dan ketua komite sangat menyambut baik inisiatif dari Tim Saber Pungli Kabupaten Purworejo. Mereka menilai kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengingatkan pihak sekolah agar lebih berhati-hati dalam pengelolaan dana di sekolah dan memastikan semua kegiatan berjalan sesuai aturan. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *