Beranda » Komunitas Read Aloud Purworejo dan Candradimuka Foundation Kolaborasi di Peresmian Taman Baca Desa Wareng

Komunitas Read Aloud Purworejo dan Candradimuka Foundation Kolaborasi di Peresmian Taman Baca Desa Wareng

BUTUH, Komunitas Read Aloud Purworejo melakukan kolaborasi dengan Candradimuka Foundation dalam acara peresmian Taman Baca di Desa Wareng, Kecamatan Butuh. Acara yang digelar pada Minggu (15/9) tersebut diisi dengan berbagai kegiatan, salah satunya adalah membacakan nyaring kepada anak-anak yang hadir.

Pengelola Komunitas Read Aloud Purworejo, Ika Ayu Pratiwi, menjelaskan tujuan membacakan nyaring adalah menumbuhkan minat baca dan meningkatkan literasi sejak dini. Menurutnya metode membacakan nyaring penting dalam mendukung perkembangan literasi anak-anak. “Mendongeng dan membacakan nyaring itu berbeda. Membacakan nyaring adalah kita membaca setiap kata yang tertulis dalam buku tanpa melewatkan apapun. Dengan intonasi yang tepat dan memperhatikan tanda baca, anak-anak lebih mudah memahami isi buku,” kata Ika.

Selama acara, anak-anak tampak antusias mendengarkan Ika membacakan buku berjudul Bagaimana Pasta Gigi Masuk Tube. Suasana menjadi semakin meriah ketika anggota Komunitas Read Aloud membagikan doorprize berupa buku bacaan anak-anak, yang semakin menambah semangat para peserta kecil untuk terus membaca.

Ketua Read Aloud Purworejo Asri Hidayati mengungkapkan Peresmian Taman Baca ini menjadi langkah awal dalam upaya meningkatkan akses literasi bagi masyarakat Desa Wareng, terutama anak-anak. “Kami berharap dengan adanya taman baca ini, masyarakat setempat dapat lebih aktif dalam memanfaatkan fasilitas tersebut dan meningkatkan budaya membaca di kalangan generasi muda,” harap Asri.

Candradimuka Foundation dan Komunitas Read Aloud berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut dalam berbagai kegiatan literasi lainnya demi menciptakan generasi yang lebih cerdas dan gemar membaca. (Ita)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *