Beranda » Universal Health Coverage Capai 98,74 Persen, Pemkab Purworejo Raih UHC Award 2024 Kategori Pratama

Universal Health Coverage Capai 98,74 Persen, Pemkab Purworejo Raih UHC Award 2024 Kategori Pratama

PURWOREJO, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo berhasil meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 kategori Pratama. Hal itu karena UHC Kabupaten Purworejo sudah mencapai UHC 98,74% atau 797.590 jiwa dari 807.790 jiwa. UHC Award 2024 diberikan kepada provinsi dan kabupaten/kota, yang sudah mencapai UHC 98%.

Dalam acara yang dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin itu, penghargaan diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan dr Sudarmi mewakili Bupati Purworejo, di Jakarta pada Kamis (8/8). Meski berhalangan hadir dalam acara tersebut, Bupati Yuli Hastuti mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan UHC ini.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan hadiah bagi masyarakat Kabupaten Purworejo, yang telah berkontribusi dalam program JKN-KIS. Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk terus mendaftar dalam program JKN-KIS, sehingga cakupan kesehatan dapat mencapai 100 persen.

Terkait keberhasilan tersebut, dr Sudarmi menyatakan, capaian ini merupakan sinergitas antara pemerintah daerah dengan masyarakat. ”Kita harus terus berupaya secara bersama-sama untuk meningkatkan kepesertaan UHC, agar bisa mencapai 100%,” katanya. Ia juga meminta kepada fasilitas kesehatan yang ada untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Pencapaian ini bukan hanya tentang jumlah kepesertaan, tetapi juga memastikan seluruh penduduk di Kabupaten Purworejo memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemda yang telah menunjukkan komitmen tinggi mendukung Program JKN. Pencapaian UHC di berbagai daerah ini menunjukkan komitmen negara memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

“Pencapaian ini tidak lepas dari sinergi dan kolaborasi yang solid antara BPJS Kesehatan, kementerian/lembaga dan seluruh pemerintah daerah. Pemerintah daerah harus mendorong agar setiap penduduk yang berada di wilayahnya terdaftar sebagai peserta aktif dalam Program JKN,” kata Wapres. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *