Beranda » 646 Siswa SD dari 16 Kecamatan di Kabupaten Purworejo Ikuti OSN-K Ulang Mapel IPA

646 Siswa SD dari 16 Kecamatan di Kabupaten Purworejo Ikuti OSN-K Ulang Mapel IPA

PURWOREJO, Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten (OSN-K) Ulang Jenjang SD di seluruh Indonesia dan sekolah perwakilan Indonesia di Luar Negeri  akhirnya digelar, termasuk di Kabupaten Purworejo. Hari pertama pada Senin (27/5) OSN-K Ulang berupa Mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan berlangsung mulai pukul 08.00 sampai 09.30.

Widyaprada DinDikbud Kabupaten Purworejo Umul Hidayah menjelaskan, OSN-K Ulang Jenjang SD diadakan di 16 titik sesuai dengan jumlah kecamatan. Tercatat ada 646 peserta dari 16 kecamatan di Purworejo yang mengikuti OSN-K IPA. Mereka berasal dari perwakilan SD yang mengirimkan satu hingga empat siswa per sekolah.

Menurut Umul, panitia dalam OSN-K ini juga petugas yang biasa menangani ANBK. Mereka terdiri atas 16 orang penanggungjawab, 34 proktor, dan 33 teknisi yang membantu pelaksanaan OSN-K ini.

Ia mengungkapkan, OSN-K Ulang ini diselenggarakan karena pelaksanaan sesuai jadwal pada tanggal 20 April yang lalu banyak peserta yang terkendala.

Pelaksanaan OSN-K Ulang mapel IPA

“Kendala terbesar adalah peserta tidak bisa loading. Ada juga yang aplikasinya tertutup dengan sendirinya. Selain itu beberapa siswa melaporkan soal berjalan terus tidak mau berhenti dan tidak dikerjakan,” jelas Umul kepada Purworejo News, Senin (27/5)

Ia menambahkan, pelaksanaan OSN-K tanggal 21 April lalu menggunakan aplikasi OSN. Karena banyaknya kendala tersebut, pemerintah mengulang OSN-K Jenjang SD menggunakan Aplikasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer  (ANBK). “OSN-K Ulang ini bersifat opsional karena panitia akan mengambil nilai tertinggi dari dua kali pelaksanaan OSN-K ini. Namun semua peserta di Kabupaten Purworejo sepakat mengulang,” imbuhnya.

Di Kabupaten Purworejo, pelaksanaan OSN-K Ulang terpantau lancar, tidak ada kendala yang yang berarti. Umul berharap hasilnya bisa maksimal sehingga banyak wakil dari Purworejo yang terpanggil untuk mengikuti OSN provinsi dan melaju sampai ke tingkat nasional maupun mengikuti olimpiade internasional. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *