Beranda ยป 45 Anggota DPRD Purworejo yang Baru Dilantik; Ada Kakak Adik, Pertama dan Terlama, Ini Daftar Namanya

45 Anggota DPRD Purworejo yang Baru Dilantik; Ada Kakak Adik, Pertama dan Terlama, Ini Daftar Namanya

PURWOREJO, Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Purworejo Periode 2024-2029 yang digelar di Ruang Rapat Paripurna pada Rabu (14/8) usai digelar. Layaknya wisuda, acara pelantikan dewan inipun dihadiri oleh sanak saudara dan kerabat dari anggota dewan yang dilantik. Mulai suami/istri, anak, ayah ibu hingga cucu, bahkan mertua.

Dari 45 anggota dewan yang dilantik pada periode ini terdapat kakak adik yakni Rani Summadiyaningrum (Nonik) dan Roni Sumhastomo (Roni), keduanya merupakan anak dari Bupati Purworejo Yuli Hastuti.

Seperti ibunya, Nonik dan Roni berasal dari partai yang sama yakni Golkar, meski keduanya berjuang di daerah pemilihan (dapil) yang berbeda. Nonik dari dapil 4, sedangkan Roni dapil 3. Usai pelantikan, keduanya mengungkapkan kegembiraannya bisa satu kantor. Setelah berfoto berdua, Nonik dan Roni pun menyempatkan diri berfoto dengan ibu mereka yang hadir dalam acara tersebut.

Bagi Roni, ini merupakan pengalaman pertamanya menjadi anggota dewan. Sedangkan Nonik sebelumnya pernah menjadi anggota dewan dari dapil yang sama dengan perolehan suara mencapai 6 ribuan. “Alhamdulillah bisa satu kantor meski beda dapil, Gusti Allah mboten sare,” ujar Nonik saat ditemui media.

Estri Utami Setyowati

Adapun Roni, dirinya menyebutkan, saat mencalonkan diri, ia mengikuti pepatah ayahnya yang juga mantan Bupati Purworejo, Kelik Sumrahadi, “Pepatah Bapak dulu pas nyalon itu jangan mikir dan jangan kuatir kalau tidak jadi,” ujar Roni yang meraup sekitar 4 ribu suara pada pileg lalu.

Selain Roni, anggota DPRD lain yang baru pertama kali duduk di kursi legislatif yakni Estri Utami Setyowati. Istri Wakil Ketua DPRD sekaligus Ketua DPC Partai Demokrat Yophi Prabowo itu berhasil melenggang setelah menang di dapil 1 dengan perolehan sekitar 5.400 suara.

Estri yang juga merupakan salah satu wakil perempuan di anggota dewan itu menyatakan tidak menyangka dirinya bisa duduk di kursi dewan. “Karena selama ini kan saya hanya berada di belakang layar, dan sekarang bisa membawa aspirasi masyarakat khususnya perempuan,” ucap Estri.

Selain itu ia mengaku tidak pernah mempersiapkan diri karena sebelumnya Partai Demokrat telah mencalonkan wakil perempuan dari dapil 1. Namun karena yang bersangkutan meninggal, “Mendadak ya, mau tidak mau saya mengganti posisi tersebut, karena kan selama ini saya sebagai ketua Perempuan Demokrat Republik Indonesia (PDRI) Kabupaten Purworejo yang diamanahi untuk bergerak mengamankan kursi,” ucap Estri yang merupakan satu dari sembilan perempuan yang ada di keanggotaan DPRD Periode 2024-2029.

Melalui keanggotaannya di legislatif Estri berharap bisa memperjuangkan dan memberdayakan perempuan, termasuk perlindungan dan kesejahteraannya.

Adapun anggota DPRD terlama, yakni Rujiyanto dari Partai Demokrat Dapil 5. Rujiyanto tercatat sudah lima kali ini menjadi anggota dewan. Kepada Purworejo News Rujiyanto bercerita bahwa dirinya sudah menjadi anggota dewan sejak tahun 2019 meski dari partai yang berbeda dengan sekarang.

“Mungkin saya djtakdirkan oleh Allah untuk menjadi politikus. Sejak duduk di bangku SMP saya memang sudah suka dengan dunia politik, tepatnya sekitar umur 14 tahun. Saya banyak membaca buku tokoh-tokoh politik,” tuturnya. Saat kuliah pun dirinya mulai terjun berorganisasi.

Pengurus DPC Partai Demokrat itu menjadi anggota dewan saat usianya 35 tahun. Selama tiga periode Rujiyanto berada di Komisi 4 bidang pendidikan. “Selama ini saya berprinsip, ketika sudah punya niat ya mengalir saja. Kalaupun ada dinamika itu bagian dari perjalanan hidup saya,” pungkasnya.

Berikut daftar 45 Anggota DPRD Kabupaten Purworejo Periode 2024-2029 yang baru dilantik:

(Dia).

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *