Beranda ยป 45 Anggota DPRD Purworejo Dilantik Hari Ini, JPPR: Kinerja Wakil Rakyat Perlu Ketat Diawasi

45 Anggota DPRD Purworejo Dilantik Hari Ini, JPPR: Kinerja Wakil Rakyat Perlu Ketat Diawasi

PURWOREJO, Pelantikan 45 anggota DPRD Kabupaten Purworejo dilakukan hari Rabu (14/8). Ketua DPRD sekaligus pimpinan sidang Dion Agasi Setiabudi membuka acara yang dihelat di Aula Sidang Paripurna mulai pukul 09.50

Terkait dengan mulai dilantiknya anggota DPRD tersebut, Lembaga pemantau Pemilu bernama Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) Kabupaten Purworejo mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Purworejo untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap kiner 45 anggota DPRD Kabupaten Purworejo yang hari ini akan menjalani prosesi pelantikan untuk jabatan selama lima tahun mendatang.

Koordinator JPPR Kabupaten Purworejo Lukman Khakim menyampaikan, pengawasan masyarakat terhadap kinerja anggota DPRD sangat penting untuk memastikan bahwa anggota dewan menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik. “Pelantikan hari ini menandai awal dari periode baru bagi DPRD Purworejo. Kami ingin masyarakat tidak hanya sekadar mengikuti berita pelantikan, tetapi juga aktif dalam memantau bagaimana anggota dewan menjalankan tugas mereka,” ujar Lukman, Rabu (14/8).

Menurut Lukman, ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan oleh masyarakat dalam mengawasi kinerja anggota DPRD. Diantaranya adalah kehadiran anggota dewan dalam rapat-rapat penting, kontribusi mereka dalam perumusan kebijakan, serta transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran daerah. JPPR juga menekankan pentingnya komunikasi yang baik antara masyarakat dan DPRD untuk memastikan bahwa aspirasi dan kebutuhan publik dapat tersalurkan dengan efektif.

Koordinator JPPR Kabupaten Purworejo Lukman Khakim

“Kami mendorong masyarakat untuk tidak ragu dalam memberikan masukan atau melaporkan jika mereka merasa ada yang tidak sesuai dengan tugas dan kewajiban anggota DPRD. Pengawasan yang aktif dari publik dapat mendorong anggota dewan untuk bekerja lebih keras dan lebih transparan,” tambah Lukman.

JPPR juga akan melakukan pemantauan secara berkala terhadap kinerja DPRD dan menyediakan laporan-laporan mengenai evaluasi kinerja mereka. Selain itu, JPPR berencana untuk mengadakan forum-forum diskusi dan pelatihan bagi masyarakat mengenai cara-cara efektif dalam mengawasi dan berpartisipasi sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas demokrasi di Kabupaten Purworejo.

“Pelantikan DPRD Purworejo yang berlangsung hari ini diharapkan menjadi momentum penting bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Purworejo. Dengan dukungan aktif dari masyarakat dan pengawasan yang ketat, JPPR yakin bahwa DPRD Purworejo dapat memenuhi harapan rakyat dan menjalankan amanah mereka dengan baik” pungkasnya. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *