Beranda » 138 Anggota JOTA-JOTI Meriahkan Raimuna Cabang Pramuka Kwarcab Purworejo

138 Anggota JOTA-JOTI Meriahkan Raimuna Cabang Pramuka Kwarcab Purworejo

PURWOREJO, Sebanyak 138 anggota Jamborre on the Air dan Jamboree on the Internet (JOTA JOTI) menjadi peserta Raimuna Cabang Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo 2024. Bersama ratusan peserta lainnya yang berasal dari 12 SMA/SMK/MA yang ada di Kabupaten Purworejo, mereka mengikuti Raimuna yang digelar selama tiga hari yakni Jumat hingga Minggu (18-20/10).

Tercatat sebanyak 355 peserta mengikuti Raimuna tahun ini. Mereka berasal dari 12 sangga putra dan putri masing-masing delapan orang. Kemudian 24 pendamping penegak masing-masing 12 putra dan putri. Lalu JOTA-JOTI penegak 88 orang dan 50 penggalang.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Binamuda Kwarcab Purworejo Tamsir Marsudi usai upacara pembukaan yang dilakukan pada Jumat pagi. Dijelaskan bahwa raimuna dilakukan periodik lima tahun sekali sebagai ajang pertemuan Pramuka Penegak di Kabupaten Purworejo.

Raimuna ini, menurut Tamsir, adalah untuk menambah dan memperkuat pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan kepramukaan. Juga untuk mencetak anggota Pramuka yang cakap dalam dunia kepramukaan. Selain itu juga sebagai sarana bagi sesama anggota Pramuka Penegak dan Pandega se-Purworejo untuk memperluas persaudaraan dan mempererat keakraban melalui kegiatan yang futuristik, edukatif, responsif, dan spektakular.

Sebagian anggota Raimuna saat upacara pembukaan

“Tema dari kegiatan Raimuna Cabang Pramuka Kwarcab Purworejo Tahun 2024 yaitu Futuristic, Educative, Responsible, Spectacular yang disingkat menjadi Fearless. Ini sebagai bentuk kepedulian di masa mendatang agar generasi muda dapat menagkis hal-hal negatif akibat perkembangan jaman seperti judi online, kenakalan remaja, dan bulying yang menjadi tantangan saat ini.

Dijelaskan bahwa selama tiga hari para peserta mendapatkan materi berupa kepramukaan maupun bidang lainnya, baik dilombakan maupun yang festival. Pada acara pembukaan para peserta dihibur dengan pertunjukan drumband SMP Bruderan. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *