Beranda ยป Meriahkan HUT RI, Warga Pangenjurutengah Purworejo Gelar Balap Perahu Debog Pisang Manfaatkan Sungai Kedung Putri

Meriahkan HUT RI, Warga Pangenjurutengah Purworejo Gelar Balap Perahu Debog Pisang Manfaatkan Sungai Kedung Putri

PURWOREJO, Bulan Agustus aneka lomba digelar untuk memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Salah satunya, Balap Perahu Debog Pisang yang diadakan warga RT 03 RW 04 Kelurahan Pangenjurutengah Purworejo. Lomba yang digelar pada Minggu (4/8) di Sungai Kedung Putri ini berjalan meriah dan mengundang gelak tawa warga yang berjajar di sepanjang sungai.

Ketua panitia Suari Wahono kepada Purworejo News mengatakan, balap perahu debog pisang diikuti oleh 14 tim yang berasal dari tujuh grup ronda RT 03. “Kami ada tujuh grup ronda. Masing-masing grup mengeluarkan dua tim. Jadi ada 14 tim yang ikut balap perahu debog pisang ini,” kata Suari di lokasi lomba.

Ditambahkannya, dua minggu sebelum lomba, pihaknya sudah meminta ijin kepada pihak yang berwenang, termasuk BBWSSO yang menangani Sungai Kedung Putri. Balap perahu debog pisang itu dihadiri oleh Lurah Pangenjurutengah Widodo yang melepas peserta lomba.

Kemeriahan pun terasa dari lomba yang baru digelar selama sungai Kedung Putri dibangun melintas di sepanjang pemukiman warga RW 4 Kelurahan Pangenjurutengah. Menurut Suari, debog pisang tersebut berasal dari para peserta yang ikut balapan. “Di lingkungan sekitar sini masih banyak debog pisang klutuk yang dipakai buat balapan ini,” imbuh Suari yang merupakan Ketua RT 03.

Para peserta balap perahu debog pisang

Para peserta menempuh jarak 100 meter. Adapun balapan digelar dengan sistem gugur. Di babak final, Grup Ronda Kamis B bertemu dengan Grup Ronda Rabu A. Setelah melalui perlombaan yang seru, akhirnya Grup Ronda Rabu A berhasil menjadi juara 1.

Para juara, kata Suari, mendapatkan hadiah berupa itik (mentok) yang akan diserahkan pada acara tasyakuran malam 17 Agustus bersama dengan lomba-lomba lainnya. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *