Beranda » Berhasil Ungkap Kasus Bullying, 7 Personel Unit PPA Polres Purworejo Terima Penghargaan

Berhasil Ungkap Kasus Bullying, 7 Personel Unit PPA Polres Purworejo Terima Penghargaan

PURWOREJO, Sebanyak tujuh personel Polres Purworejo dari Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) menerima penghargaan karena berhasil mengungkap kasus bullying atau perundungan terhadap anak. Penghargaan diserahkan oleh Kapolres Purworejo, AKBP Victor Ziliwu dalam upacara yang digelar di halaman Mapolres, Senin (18/9).

Ketujuh petsonel tersebut yaitu AKP Andre Birawa, SH, MH, AKP Setio Raharjo, SH, MH, Bripka Dhanu Karyanto, SH, Bripka Agus Santoso, Briptu Siti Nafirotul Chasanah, SH, Briptu Kurniawan Dwi Nugroho, dan SH, Aipda Ani Ratnawati, SH.

Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Purworejo pada beberapa tahun ini berhasil mengungkap kasus bullying atau perundungan. Atas keberhasilannya tersebut Kapolres Purworejo, AKBP Victor Ziliwu memberikan penghargaan kepada Unit PPA Senin (18/9).

Koordinator Nasional TRC Perlindungan Perempuan dan anak Jeny Claudia Lumowa, mengungkapkan, penghargaan sebagai bentuk pengakuan atas kontribusi yang diberikan oleh Unit PPA dalam menjalankan tugasnya dan memberikan kepercayaan kepada masyarakat, terutama dalam mengungkap kasus bullying.

“Rewards ini layak diberikan kepada personel PPA Polres Purworejo karena kasus bullying yang terjadi saat ini sudah mengkhawatirkan lantaran sampai mengakibatkan kematian, dan umumnya hal itu terjadi di lingkungan sekolah,” katanya.

Jeny Claudia Lumowa menyerahkan penghargaan kepada salah seorang personel Unit PPA

Dikatakan, meskipun sudah ada Permendikbud 82 tahun 2015 tentang pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di satuan pendidikan, tapi banyak sekolah belum memiliki sistem pengaduan dan pelaporan yang melindungi korban dalam upaya aktif untuk mencegah dan mengatasi kasus bullying di kalangan pelajar.

Sementara itu Kapolres mengatakan, pihaknya telah melaksanakan sosialisasi di sekolah dan kampus dengan fokus cegah bullying melalui pendidikan karakter. Serta di lingkungan kecamatan untuk memberikan sosialisasi kepada para orang tua. 

“Polres Purworejo juga berkolaborasi dengan Dinas Sosial dan UPT PPA Kabupaten Purworejo untuk melakukan perlindungan terhadap korban bullying,” tandasnya.

Dijelaskan, pelaku bullying kepada anak-anak dapat dijerat dengan adanya ketentuan pasal 76c yang berbunyi; setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan kekerasan terhadap anak,“  kata Kapolres Purworejo.

Kapolres mengharapkan penghargaan dapat menjadi motivasi bagi Unit PPA dalam memberantas kejahatan terhadap anak-anak dan perempuan serta memberikan rasa kepercayaan kepada masyarakat.

Kemudian, pemberian penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa Polres Purworejo memberikan perhatian serius terhadap penanganan kasus-kasus kejahatan terhadap anak dan perempuan. (Nas)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *