Beranda » Pokja 2 PKK Kecamatan Banyuurip Gandeng Komunitas Read Aloud Purworejo Gelar Lomba Baca Nyaring

Pokja 2 PKK Kecamatan Banyuurip Gandeng Komunitas Read Aloud Purworejo Gelar Lomba Baca Nyaring

PURWOREJO, Pokja 2 PKK Kecamatan Banyuurip berkoloborasi dengan Komunitas Read Aloud Purworejo gelar Lomba Membaca Nyaring tingkat Kecamatan pada Kamis (20/07) di Aula Kecamatan Banyurip. Kegiatan ini merupakan salah satu program PKK.

Panitia lomba menjelaskan, kegiatan itu merupakan program TP PKK dengan menggandeng Komunitas Read Aloud Purworejo yang sebelumnya telah menyelenggarakan kegiatan serupa di Desa Bajangrejo, Kecamatan Banyuurip.  

Tujuannya untuk membangun bidaya literasi melalui keluarga, khususnya literasi pada anak. Dengan semakin banyak orang tua yang membacakan buku kepada anak-anaknya, semakin meningkat minat baca dan daya pikir kritis pada anak.

Lomba yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional ini, diikuti oleh 26 peserta yang merupakan perwakilan dari desa-desa di Kecamatan Banyuurip dengan sangat antusias.

Sementara itu Ketua TP PKK Kecamatan Banyuurip, Grenti Siswantoro mengubgkapkan bahwa kegiatan ini sangat mendukung gerakan literasi terutama di tingkat desa.

“Semua berawal dari keluarga, dimana dengan kegiatan membacakan nyaring ini untuk menjalin kedekatan dengan anak”, jelasnya.

Dari kiri Aspiyatun, Ika Ayu Pratiwi, Siti Muflihah

Ketua Komunitas Read Aloud Purworejo, Asri Hidayati, mengungkapkan kegiatan kolaborasi ini perlu diteruskan sebagai wujud sinergitas dalam menggerakkan literasi. 

“Kita butuh ibu-ibu hebat di desa untuk menumbuhkan minat baca pada anaknya dengan membacakan nyaring, minimal sepuluh menit sehari”, katanya. 

“Dan kita butuh orang sekampung untuk mengkampanyekan literasi sampai pelosok desa,” pungkas Asri. 

Lomba membaca nyaring dinilai oleh tiga orang juri yaitu Siti Muflihah dari Pokja 2 PKK Kabupaten Purworejo, Aspiyatun, S.IP dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Purworejo, dan Ika Ayu Pratiwi dari Komunitas Read Aloud Purworejo.

Adapun komponen penilaiannya adalah penampilan, cara atau t eknik membaca nyaring, penguasaan materi dan kemampuan atau skill peserta.

Kegiatan lomba disponsori oleh Toko Buku Baabul Aiman dan Media Pustaka. Para pemenang dalam lomba ini adalah Juara 1 diraih oleh Yuniar Isnaini dari Desa Kertoyoso, Juara 2 oleh Diyah Ayu dari Desa Candisari, dan Juara 3 oleh Retno Ulandari dari Kelurahan Borokulon. (Ita)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *