Beranda ยป Serahkan Bantuan Baznas Rp 90 Juta, Pemda Purworejo Terus Upayakan Pengentasan Kemiskinan

Serahkan Bantuan Baznas Rp 90 Juta, Pemda Purworejo Terus Upayakan Pengentasan Kemiskinan

PURWOREJO, Bupati Yuli Hastuti menyerahkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Purworejo bagi masyarakat Kecamatan Kutoarjo. Bantuan senilai total Rp 90 juta yang diserahkan di pendopo kecamatan pada Jumat (10/5) tersebut diberikan untuk ODF, konsumtif, kesehatan, dan modal usaha. Selain itu juga diberikan kepada marbot, guru mengaji serta guru honorer.

Dalam kesempatan itu Bupati menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Baznas Kabupaten Purworejo yang telah menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Untuk Baznas, kita akan terus bekerjasama mengoptimalkan pengumpulan zakat, infak dan shodaqoh, yang potensi sesungguhnya sangat besar. Dengan semakin besar dana yang bisa dikumpulkan, maka akan semakin banyak warga yang bisa dibantu, sehingga akan sangat mendukung upaya pengentasan kemiskinan,” ungkapnya.

Bupati juga menjelaskan bahwa salah satu persoalan yang masih dihadapi Kabupaten Purworejo adalah masih tingginya angka kemiskinan. Meski demikian, Pemerintah Daerah terus berupaya menurunkan angka kemiskinan tersebut dengan melakukan berbagai upaya.

Bupati Yuli Hastuti

“Dalam tiga tahun terakhir jumlah penduduk miskin ekstrem di Kabupaten Purworejo terus mengalami penurunan. Pada tahun 2021, jumlahnya mencapai 88 ribu jiwa, kemudian di tahun 2022 turun menjadi 82 ribu jiwa, dan di tahun 2023 turun lagi menjadi 81 ribu jiwa,” jelasnya.

Bupati juga akan berupaya untuk terus mengalokasikan anggaran untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat, meningkatkan pendapatan, dan meminimalkan kantong-kantong kemiskinan.

“Dengan keterbatasan yang dimiliki, tentu Pemerintah Daerah tidak bisa berjalan sendiri dalam upaya pengentasan kemiskinan. Sehingga kita berupaya mencari alternatif pembiayaan, seperti menembus ke pemerintah pusat, mencari CSR dari BUMN/BUMD maupun perusahaan swasta, termasuk juga menyalurkan melalui dana yang dikumpulkan oleh Baznas,” tandas Bupati. (Ita)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *