Beranda » Wow! SMPN 2 Purworejo Raih 6 dari 7 Kategori Terbaik Lomba Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono X Tahun 2024

Wow! SMPN 2 Purworejo Raih 6 dari 7 Kategori Terbaik Lomba Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono X Tahun 2024

PURWOREJO, Prestasi gemilang ditorehkan Marching Band Gita Swarna Spero SMP Negeri 2 Purworejo. Kali ini mereka berhasil memboyong enam dari tujuh kategori the best (terbaik) pada ajang bergengsi Marching Band tingkat nasional Piala Raja Hamengku Buwono X Session 1 Street Parade. Lomba diadakan di Yogyakarta, pada Jumat (18/10) malam.

Ditemui di sekolah pada Sabtu (19/10), Manajer Marching Band Gita Swarna Spero Marcel Pamungkas menjelaskan hasil lomba, yakni:
1. Juara 1 Street Parade klasemen Senior Non Brass.
2. Juara 1 Mayoret Street Parade Klasemen Senior Non Brass
3.Juara Terbaik Showmanship Street Parade Klasemen Senior Non Brass
4.Juara Terbaik Music Analysis Street Parade Klasemen Senior Non Brass.
5.Juara Terbaik Colour Guard Street Parade Klasemen Senior Non Brass
6.Juara Terbaik Marching Performance Street Parade Klasemen Senior Non Brass.

Sedangkan satu kategori yang tidak berhasil mendapatkan juara yakni Maskot. Meski yang diusung sesuai tema yakni Dewa Wisnu, namun belum berhasil menjadi juara karena ada kendala saat lomba.

Tim Marching Band Gita Swarna Spero

Marcel menambahkan, MB kali ini menerjunkan 114 siswa yang berasal dari kelas 7, 8, dan 9. Sedangkan Mayor dam Mayoret dari kelas 8 dan dan 9.

Menurutnya, dari delapan peserta Senior Non Brass Class, tiga diantaranya dari Purworejo yaitu SMPN 1, SMPN 2 dan SMPN 27. Disebutkan pula bahwa Purworejo satu-satunya kabupaten yang menampilkan tiga perwakilan. Sedangkan peserta lainya dari Papua, Sulawesi, Kalimantan dan Riau.

Terkait latihan yang dilakukan, Marcel menyebutkan, persiapannya tidak begitu lama. “Kita mulai latihan bulan Agustus usai karnaval. Latihan biasanya satu minggu sekali, tapi mulai September kita latihan seminggu dua kali. Mendekati lomba kita latihan malam hari untuk adaptasi, soalnya komba juga digelar malam hari,” tutur Marcel.

Sementara itu Kepala SMPN 2 Purworejo Sutarto saat ditemui di ruangan kerjanya sangat bangga dan bersyukur karena dalam lomba Marching Band kali ini sesuai target. Selain itu siswa dapat tampil maksimal dan memberikan yang terbaik dengan membawa pulang enam kategori piala.

“Lomba kali ini sudah sesuai dengan target. Kita sudah dua kali ikut, dengan kita juara di Parade Street harapannya pada konser 17 November mendatang di GOR Amongrogo kita berharap juga bisa memperoleh juara,” jelasnya.

Menurut Sutarto, hasil terbaik ini berkat campur tangan orang tua siswa, komite dan para guru. Selain itu anak-anakpun bisa tampil dengan semangat luar biasa. Mereka bisa percaya diri tampil di hadapan ribuan penonton.

“Saya ucapkan terima kasih kepada orang tua siswa, guru, komite, dan para donatur yang mensuport kegiatan ini sehingga SMP N 2 berhasil menjadi juara,” pungkasnya. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *