Beranda ยป Sekolah Adab Ayah di SDIT Ulul Albab 01 Purworejo, Sepakati Komitmen Batasi Penggunaan HP pada Anak

Sekolah Adab Ayah di SDIT Ulul Albab 01 Purworejo, Sepakati Komitmen Batasi Penggunaan HP pada Anak

KUTOARJO, Seorang ayah mempunyai peran sebagai kepala sekolah di rumah. Sebagai seorang ayah, tak jarang ia mendapat pertanyaan dari anak terkait tumbuh kembangnya. Atau terkadang merasa perlu menaikkan volume suara ketika anak tidak menggubrisnya saat diingatkan penggunaan gadget. Selain itu, sebagai ayah juga kadang merasa dilematis saat memberikan tugas atau tanggungjawab kepada anak sulungnya dalam takaran yang lebih.

Ungkapan-ungkapan tersebut antara lain muncul dari peserta saat sesi tanya jawab pada acara Sekolah Adab Ayah yang dilakukan SDIT Ulul Albab 01 Purworejo. Ratusan ayah dari kelas 1 hingga 6 mengikuti kegiatan yang diadakan pada Minggu (28/7) di halaman sekolah setempat.

Pertanyaan ataupun ungkapan yang disampaikan oleh para ayah tersebut kemudian diberi solusi oleh psikolog Bunda Rofiah Akbar yang menjadi pemateri. Adapun tema yang disampaikan yakni peran ayah dalam meningkatkan adab dan mengatasi ketergantungan pada gadget, termasuk game online.

Bunda Rofiah dalam materinya antara lain menyampaikan bahwa game online memang dibuat untuk menimbulkan kecanduan atau adiktif. Padahal hal itu bisa diadiksi dengan kesenangan lain atau sebagai variasi yang sama-sama membuat anak senang. Misalnya olah raga, ibadah, atau sekolah.

Ayah siswa menandatangani komitmen di kelas putra-putrinya

“Jadi ayah bisa mengalihkan sifat adiktif pada game online itu ke dalam kegiatan lain yang juga menyenangkan. Selain itu saat menyampaikan nasehat, beri sentuhan di pundaknya sambil ngobrol antara ayah dan anak. Kuncinya, mentaati aturan atau kesepakatan antara orang tua dan anak,” pesannya.

Kepala SDIT Ulul Albab 01 Chairil Archam melalui Penanggungjawab Kurikulum Adab SDIT Ulul Albab 01 Rokhaniah kepada Purworejo News menyampaikan, Sekolah Adab Orang Tua Khusus Ayah bertujuan agar sosok ayah dapat menjadi teladan bagi anak-anaknya. “Karena seorang ayah itu merupakan cinta pertama bagi anak perempuannya dan menjadi sosok idola bagi anak laki-lakinya. Sehingga harus mampu membangun komunikasi yang baik dengan anak-anaknya,” kata Rohaniah.

Terkait penggunaan HP untuk anak atau siswa, Rokhaniah menyebutkan, berdasarkan survei yang dilakukan di sekolah, sebanyak 60%, ayah mengaggap bahwa HP masih kurang penting atau tidak penting bagi anak. Hal itu karena HP dianggap lebih banyak membawa dampak negatif, anak belum cukup umur, dan hanya untuk mainan (game).

Meski demikian sebanyak 18% ayah masih menganggap penting penggunaan HP. Yakni sebagai komunikasi dan menunjang belajar, serta agar dapat mengikuti perkembangan jaman.

Peserta Sekolah Adab Ayah

“Oleh sebab itu, penggunaan HP tidak sepenuhnya ditiadakan, namun dibatasi yang kemudian dituangkan dalam bentuk komitmen bersama antara ayah dengan pihak sekolah,” lanjutnya.

Dalam komitmen berupa surat pernyataan, para ayah berkomitmen membatasi penggunaan HP hanya saat hari Minggu selama maksimal dua jam, memantau ibadah dan penggunaan HP, melarang anak bermain game online, serta memberi contoh tentang adab-adab yang telah diajarkan di sekolah.

Selanjutnya, selain menyerahkan surat pernyataan ke pihak sekolah, para ayah juga menandatangani komitmen tersebut di banner yang akan ditempel di kelas putra-putrinya. Tujuannya, menurut Rofiah, supaya anak-anak mengetahui komitmen yang dibuat oleh ayah mereka dan harus mematuhi bersama.

Bagi ayah yang tidak dapat hadir, pihak sekolah memberi tugas untuk menyimak kegiatan melalui link YouTube dan mengirim resumenya ke sekolah. Adapun bagi anak yatim, maka kegiatan tersebut dapat diwakili oleh ibunya. Mereka pun harus tetap datang ke sekolah untuk menandatangani komitmen.

Melalui kegiatan tersebut, pihak sekolah berharap agar sedini mungkin anak-anak ditanamkan adab yang baik dengan teladan dari orang tua terutama ayah. Selain itu, melalui komitmen bersama ini diharapkan dampak kecanduan HP terutama game online dapat dihilangkan, diganti dengan kebiasaan positif lainnya. (Dia)

Loading

23 thoughts on “Sekolah Adab Ayah di SDIT Ulul Albab 01 Purworejo, Sepakati Komitmen Batasi Penggunaan HP pada Anak

  1. Alhamdulillah sdit ulul albab 01 purworejo sudah bisa memulai program yg spertinya masih “baru” untuk wilayah purworejo.
    Smg bs mnginspirasi lembaga2 yg lainnya. Mencoba mengembalikan lagi posisi ayah pada peran yg seharusnya.
    Memulai/merintis/membangun memang tidaklah mudah. Tp smg ini menjadi langkah awal yg baik untuk dilanjutkan dg langkah2 berikutnya hingga akhirnya bismillah mjd alhamdulillah.
    Terima kasih kpd seluruh tim sdit ulul albab dg selalu melibatkan wali murid dlm program2 sekolahnya. Yg tkkenal lelah sepenuh hati berjuang melahirkan generasi2 unggul adab unggul prestasi Allohu Akbar!!

  2. Sekolah Ayah yg sangt bgus bgt.
    Berjuanglah para ayah, krn andalah yg menjadi nahkoda kapal kehidupan rumah tangga anda.
    Sukses selalu utk SDIT UA 01 Purworejo

  3. Alhamdulillah. Jangan pernah bosan untuk selalu mendampingi anak bagi Bapak2. Semoga program ini berjalan lancar dan sukses barokah sehingga generasi penerus dengan bimbingan Bapaknya bisa menjadi generasi yang berakhlak aamiin ya Robbal ‘Aalamiin

  4. Alhamdulillah. Semoga program ini berjalan lancar dan sukses barokah sehingga generasi penerus dengan bimbingan Bapaknya bisa menjadi generasi yang berakhlak aamiin ya Robbal ‘Aalamiin

  5. Alhamdulillah… terimaksih kepada SDIT UA 01 Purworejo yang telah memfasilitasi kegiatan sekolah adab bagi Ayah sehingga para Ayah semakin baik dalam pengasuhan anak-anaknya… semoga dengan andilnya para ayah akan menjadi anak-anak lebih bahagia dan mantab serta semangat menjalani hari-harinya untuk menggapai cita-citanya agar menjadi anak ya Sholih/Sholihah

  6. Program ini sangat bagus sekali,krna melibatkan ayah,mudah2an dengan adanya program ini smua ayah bs melibatkan diri dalam memantau tumbuh kembang anak,sukses selalu dan makin maju untuk SDIT Ulul Albab 01 purworejo

  7. Semoga harapan kita sebagai orang tua dalam mendidik anak bisa terwujud dengan di imbangi ilmu parenting khususnya untuk ayah.
    Krn masih banyak ortu yg menerapkan sistem patriaki, walaupun sistem tersebut juga tidak keliru.

  8. Program “Sekolah Ayah” ini sangat memotivasi kami selaku orang tua,tidak hanya anak yg perlu kita terapkan adabnya tetapi kita orang tua juga wajib memberi contoh apa itu adab kepada anak kita,terutama dalam pengunaan gadget di era digital sekarang ini,anak harus benar- benar diawasi.terima kasih SD IT Ulul Albab,Barakallah๐Ÿ™๐Ÿ™

  9. Alhamdulillah ada sekolah yang menjunjung tinggi nilai adab. Karena dijaman sekarang adab anakยฒ terhadap orangtua sudah luntur akan perkembangan jaman. Di dukung dengan komitmen bersama orangtua dan sekolah. Sukses selalu SDIT Ulul Albab

  10. Selamat dan semakin mantab menyekolahkan anak di SD IT Ulul albab 01 Purworejo, semoga selalu diberi kemudahan kita semua dalam menjalankan amanat yang diberikan Allah yaitu anak.
    Semoga setiap tahun ada kegiatan seperti ini (khusus ayah) kalau ibu kan sudah biasa datang ke sekolah, atau dalam kegiatan yg bersangkutan dengan parenting diusahakan yg hadir ayah dan ibu (bila memungkinkan), Terima kasih banyak kami ucapkan, semoga semakin maju sekolahnya, baik adab anak didiknya di sekolah maupun dirumah dan dilingkungan sosial. Bismillah bareng bareng jadi orang tua yang hebat

    1. Sangat bagus dan kalau bisa 3 bulan sekali para orang tua di wajibkan datang terutama para ayah..
      Saran juga untuk tempat dibikin suasana lebih santai..

  11. Barakallah fikum semoga putra putri kita bisa menjadi generasi yg beradab.trimakasih untuk SD it Ulul albab untuk programยฒnya semoga kedepan lebih maju

  12. Acara ini sangat bermanfaat bagi kami, dan tentunya juga sangat bermanfaat bagi semua, terimakasih SD IT ULUL ALBAB

  13. Program ‘Sekolah Ayah’ adalah program pertama di sekolah-sekolah yang sebaiknya juga diadopsi oleh sekolah lain. Barokallah untuk SDIT ULUL ALBAB 01 PURWOREJO.

  14. Alhamdulillah..saya senang sekali dengan adanya kegiatan seperti ini, setidaknya yang biasanya hanya ibu yang mengikuti pembelajaran adab dan parenting maka dengan kegiatan ini jadi ikut belajar bersama. kolaborasi yang lengkap. sukses selalu SDIT Ulul Albab 1 Purworejo. semoga bisa menjadi agenda wajib.

    1. Program yang sangat bagus, memberikan edukasi kepada orangtua khususnya ayah dalam mendampingi proses perkembangan anak. Semoga SDIT terus maju dalam memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat. Barakallahu fiikum

  15. Ma syaa Allah.. Sekolah adab org tua ini adl 1 program sekolah yg sangat bagus dan sepatutnya diteruskan, dimana org tua khususnya ayah memang seharusnya dilibatkan langsung dlm memantau tumbuh kembang anak terutama di era digital sekarang. Banyak dari para Ayah yg bingung/terkesan kaku jika berkomunikasi dg anak, ga tau harus ngobrol apa, bagaimana berinteraksi yg baik dg anak krn memang peran beliau yg tidak banyak di rumah. Alhamdulillah dg adanya sekolah adab ini para ayah mendapat byk masukan, saran serta awareness utk tetap mengambil peran di dlm rumah meskipun seharian bekerja menjemput rejeki di luar. Barakallahu, berkah terus utk SDIT UA 1 Purworejoโคโคโค๐Ÿคฒ๐Ÿผ

    1. Acara ini sangat bermanfaat bagi kami dan tentunya bagi kita semua, terinakasih SD IT ULUL ALBAB

    2. Program sekolah ayah sangat bagus, karena merupakan komitmen bersama antara sekolah dan wali murid untuk saling mengawasi ananda dalam penggunaan gadget. Semoga sukses.

  16. Selamat dan Sukses untuk SDIT Ulul Albab 01 Purworejo. Semoga senantiasa terus Istiqomah membuat program-program yang berkualitas untuk peningkatan mutu sekolah. Semoga para Ayah senantiasa memberikan keteladanan yang baik dan komitmen terhadap penerapan adab ananda. Barokalloh

    1. Program sekolah ayah sangat bagus, karena merupakan komitmen bersama antara sekolah dan wali murid untuk saling mengawasi ananda dalam penggunaan gadget. Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *