Beranda » Progres Bendungan Bener Purworejo 49 Persen, Pjs Bupati: Butuh Effort Luar Biasa

Progres Bendungan Bener Purworejo 49 Persen, Pjs Bupati: Butuh Effort Luar Biasa

BENER, Pjs Bupati Purworejo Endi Faiz Efendi bersama sejumlah pejabat terkait melaksanakan kunjungan kerja ke PSN Bendungan Bener. Bertempat di Aula PT Brantas Abipraya, Kepala BBWSO Gatut Bayuadji melakukan paparan terkait perkembangan pembangunan Bendungan Bener, Senin (14/10). Pada kesempatan itu, Pjs Bupati juga melihat secara langsung proses blasting (peledakan batu) di beberapa sektor bendungan.

Pjs Bupati mengatakan bahwa dalam pembangunan Bendungan Bener membutuhkan effort yang luar biasa dan koordinasi berkelanjutan antara pemerintah pusat, provinsi, dan Kabupaten Purworejo.

“Saya didatangi oleh Dirjen Serealia Kementan beberapa waktu lalu, yang meminta untuk meningkatkan luas lahan tanam, mengingat Purworejo merupakan daerah penyangga pangan. Namun untuk mewujudkan hal itu, ketersediaan air menjadi kendala utama,” ujarnya.

Lebih lanjut Pjs Bupati mengatakan, Purworejo dan daerah sekitarnya membutuhkan fungsi dari Bendungan Bener tersebut. Sehingga ia berharap pembangunannya segera dapat diselesaikan dengan tepat waktu.

”Harapannya dengan adanya Bendungan Bener kita bisa mengatur volume air pada waktu musim hujan, kita tampung dan nanti musim kemarau kita manfaatkan. Semoga dengan progres yang sudah 49% ini, bendungan dapat selesai tepat waktu dan tepat guna,” pungkasnya.

Sementara itu Gatut Bayuadji menjelaskan, Bendungan Bener nantinya dapat menyediakan air untuk Purworejo sebesar 508 m3/detik, Kebumen 300 m3/detik dan Kulon Progo 700 m3/detik. “Untuk Kulon Progo dalam rangka program menunjang perkembangan kontrak Eco City,” jelasnya. (Ita)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *