Beranda ยป Jamda XVI dan Lomba Pramuka Garuda Berprestasi Jawa Tengah 2024, Purworejo Bawa Pulang 4 Piala

Jamda XVI dan Lomba Pramuka Garuda Berprestasi Jawa Tengah 2024, Purworejo Bawa Pulang 4 Piala

PURWOREJO, Prestasi membanggakan diraih kontingen Purworejo di ajang Jambore Daerah (Jamda) XVI dan Lomba Pramuka Garuda Berprestasi Jawa Tengah 2024. Pada kegiatan yang dihelat selama enam hari (30/8-4/9) atau Jumat hingga Rabu di Puskepram Candra Birawa Karanggeneng, Semarang itu, empat piala berhasil dibawa pulang oleh kontingen Purworejo.

Keempat piala tersebut berasal dari Juara 1 Pramuka Garuda Berprestasi Penegak Putra atas nama Januar AzizMaulana dari SMAN 1, Juara 1 Seni Budaya Jamda, Juara 2 Putera Penggalang Terampil, dan Juara 3 Putri Penggalang Terampil.

Waka Binamuda Kwarcab Purworejo, Tamsir Marsudi Utomo menyampaikan hal tersebut pada Rabu (4/9) malam, beberapa saat setelah rombongan tiba di Purworejo usai mengikuti rangkaian kegiatan.

“Kami mengirimkan dua Regu Putra dan dua Regu Putri perwakilan dari Gudep SMP/MTs se-Kabupaten Purworejo yang telah terpilih untuk mengikuti Jamda. Sedangkan untuk Lomba Pramuka Garuda Berprestasi Golongan Penggalang yakni Indra Yudhistira Pratama dan Caesar Nisha Africia dari SMPN 24,” jelas Tamsir kepada Purworejo News.

Bersama pembina upacara, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Ema Rachmawati

Selanjutnya, Lomba Pramuka Garuda Berprestasi Penegak yakni Januar Aziz Maulana dari SMAN 1 dan Ginanjar Imas Kinanthi SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Sedangkan Lomba Pramuka Garuda Berprestasi Pandega yakni Dicki Tri Handoyo dan Ragil Utami dari UM Purworejo,.

Ia menambahkan, Jamda ini merupakan agenda Kwartir Daerah (Kwarda) yang dilaksanakan empat tahun sekali. Untuk Jamda yang dilombakan hanya tiga kategori perlombaan, yakni Pentas Seni Budaya, Penggalang Hebat / LCC, dan Penggalang Terampil. Pada lomba ini Purworejo meraih Juara 1 Pentas Seni Budaya, Juara 2 Penggalang Terampil Putra, serta Juara 3 Penggalang Terampil Putri.

“Bersamaan dengan Jamda juga dilombakan Pramuka Garuda Berprestasi atau Eagle Scout Award (ESA). Alhamdulillah salah satu peserta dari Purworejo yakni Januar Aziz Maulana berhasil menjadi Juara 1,” imbuh Tamsir.

Sebelumnya, kontingen Purworejo dilepas oleh Bupati pada tanggal 30 Agustus lalu. “Semoga hasil ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi sekolah atau Gugus Depan dalam melaksanakan pembinaan kepramukaan. Selain itu juga untuk lebih menanamkan rasa cinta dan bangga bagi para siswa terhadap Pramuka,” tandas Tamsir. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *