Beranda » 3 Hari Raimuna Cabang Pramuka Kwarcab Purworejo, Peserta Dapat Banyak Pengalaman

3 Hari Raimuna Cabang Pramuka Kwarcab Purworejo, Peserta Dapat Banyak Pengalaman

PURWOREJO, Raimuna Cabang Pramuka Kwarcab Purworejo yang berlangsung selama tiga hari mulai Jumat (18/10), berakhir pada Minggu (20/10). Tercatat sebanyak 355 peserta mengikuti Raimuna tahun ini. Mereka berasal dari 12 sangga putra dan putri masing-masing delapan orang. Kemudian 24 pendamping penegak masing-masing 12 putra dan putri. Lalu JOTA-JOTI penegak 88 orang dan 50 penggalang.

Tidak seperti saat upacara pembukaan yang dilakukan di lapangan, acara penutupan yang dilakukan pada Minggu pagi dilakukan di Ruang Dzikir karena hujan. Acara penutupan diawali dengan pembekalan dari berbagai saka, termasuk Saka Bahari yang menjadi perhatian para anggota Pramuka penegak tersebut.

Ditemui sesaat sebelum upacara penutupan, Ketua Binamuda Kwarcab Purworejo Tamsir Marsudi menuturkan, selama tiga hari kegiatan Raimuna berjalan lancar serta para peserta antusias. “Banyak kegiatan, baik bersifat kompetisi berbentuk Cakra Scout Competition semacam wide game, termasuk ada lomba sandi, morse, dan LCC. Para peserta antusias mengikuti kegiatan tersebut,” ungkap Tamsir.

Juga JOTA JOTI yang diikuti banyak peserta termasuk dari luar. Melalui JOTA JOTI mereka dapat menambah kenalan baik lokal maupun internasional.

Selain itu juga dilakukan sosialisasi dari KPU terkait penyelanggaraan pilkada. Kebetulan salah satu kegiatan Raimuna ini ada lomba membuat video iklan layanan masyarakat (ILM) bertemakan pemilu damai. Sebelumnya mereka secara berkelompok sudah membuat ILM tersebut.

“Semalam ditayangkan nominasi tiga besar. Juga ditayangkan video nominator video yang mengangkat seni lokal Purworejo. Selain itu juga dibuka stand atau Saka Fest dari berbagai saka. Yakni Saka Nusantara, Bhayangkara, Bahari, Kalpataru, Milenial, dan Pariwisata yang turut berpartisipasi dalam Raimuna ini. Sehingga peserta dapat mengenal saka-saka tersebut dan dari dinas bisa digerakkan atau diaktifkan. Berikutnya dilakukan sosialisasi dari saka-saka tersebut,” jelas Tamsir.

Terkait kegiatan Raimuna yang telah dilaksanakan, Ketua Kwarcab Purworejo Wasit Diono menyampaikan harapannya. “Raimuna yang merupakan event lima tahunan diharapkan dapat membawa manfaat positif bagi peserta. Terutama agar mereka dapat menjadi generasi muda yang tangguh, ceria, dan dapat beradaptasi dimanapun berada,” ucapnya.

Peserta Raimuna yakni Muhammad Apriansyah dan Yoshida Arynza dari SMAN 2 menyampaikan kesannya selama mengikuti kegiatan tersebut. “Senang, jadi tambah teman dan pengalaman. Apalagi ini kegiatan lima tahun sekali,” kata Apriansyah.

Sedangkan Yoshida menambahkan, ketertarikannya mengikuti Pramuka, karena sesuai dengan namanya, Praja Muda Karana maka anak muda harus mengimplementasikannya. “Termasuk mempererat budaya dan menambah wawasan,” tutur Yoshida yang tertarik untuk ikut Saka Bahari karena ada program keliling Nusantara.

Di akhir acara dibagikan piala dan piagam bagi para pemenang lomba. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *