Beranda ยป Laka Lantas Januari Hingga Juni di Purworejo 318 Kejadian, 55 Orang Meninggal Dunia

Laka Lantas Januari Hingga Juni di Purworejo 318 Kejadian, 55 Orang Meninggal Dunia

PURWOREJO, Selama kurun waktu enam bulan atau satu semester pertama mulai Januari hingga Juni 2024, Polres Purworejo mencatat terdapat 318 kejadian. Dari jumlah laka lantas tersebut, 55 orang harus kehilangan nyawa. Sebagian besar masih berusia antara 21 hingga 30 tahun.

Data tersebut disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Purworejo AKP Untung Ariyono melalui Kanit Laka Ipda Boby Pangestu Nugroho di ruang kerjanya, Selasa (2/6). Kepada Purworejo News Boby menjelaskan, angka tersebut mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya di periode yang sama. “Tahun 2023 bukan Januari hingga Juni ada kejadian 396 dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 58 orang,”ucapnya.

Terkait usia yang mengakibatkan terjadinya laka lantas, Boby merinci dari 318 pelaku kejadian laka lantas, 97 orang diantaranya atau yang tertinggi, berusia antara 21 hingga 30 tahun. Lalu sebanyak 56 kasus pelaku berusia 41 hingga 50 tahun. Berikutnya sebanyak 43 kasus pelaku berusia 16 hingga 20 tahun,” jelas Boby.

Kanit Laka Polres Purworejo Ipda Boby Pangestu Nugroho

Adapun wilayah yang paling banyak terdapat laka lantas bukanlah di Kecamatan Purworejo yang notabene adalah area perkotaan. Melainkan Kecamatan Grabag. Menurut analisa Kanit Lantas, salah satu pemicunya karena lokasi di wilayah Grabag banyak yang sudah dibeton dan memiliki ruas jalan yang lebar.

“Biasanya pengendara akan mudah lengah dengan kondisi yang nyaman tersebut sehingga tak jarang menimbulkan kecelakaan yang tidak diinginkan,” tutur Boby.

Menyikapi hal tersebut, Kasat Lantas AKP Untung Ariyono secara terpisah menyampaikan faktor penurunan angka laka lantas di tahun ini. Dalah satunya adalah karena masifnya kegiatan sosialisasi kenyamanan dan keamanan berkendara oleh petugas ke berbagai organisasi dan instansi, termasuk lingkungan pendidikan.

“Hal tersebut antara lain memacu masyarakat agar lebih aware baik terhadap keselamatan dirinya maupun orang lain saat berkendara. Saya menghimbau masyarakat Purworejo agar selalu patuh terhadap aturan berkendara dan selalu melengkapi surat-surat saat menaiki kendaraannya,” tegas Kasat Lantas. (Dia)

Loading