Beranda » HKG ke-52 PKK, Bupati Purworejo: Punya Peran Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

HKG ke-52 PKK, Bupati Purworejo: Punya Peran Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

PURWOREJO, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Purworejo selama ini memiliki andil besar dalam keberhasilan program keluarga berencana, perilaku hidup bersih dan sehat, kelestarian lingkungan hidup, dan pemberdayaan ekonomi perempuan. PKK juga berperan menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), serta percepatan penurunan stunting.

Hal itu diungkapkan Bupati Purworejo Yuli Hastuti saat membuka Pencanangan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 PKK dan Pelatihan Peningkatan Mutu Kader PKK Tahun 2024. Acara dilakukan di pendopo kabupaten pada Jumat (26/6).

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, para kader PKK telah menjalin sinergitas bersama para stakeholder. Dijelaskan bahwa PKK merupakan gerakan pembangunan berbasis keluarga. PKK menjadi mitra pemerintah sekaligus pendamping bagi masyarakat dalam memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

”Implementasi 10 Program Pokok PKK telah diintegrasikan dengan pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), terutama untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi, serta percepatan penurunan stunting,” ucap Bupati.

Menurutnya, HKG PKK menjadi momentum untuk memperkuat peran PKK, untuk senantiasa berperan serta dalam pembangunan melalui pemberdayaan keluarga. Bupati pun mengajak agar peserta menguatkan tekad dalam mendedikasikan pengabdian serta kiprahnya untuk memajukan dan menyejahterakan keluarga.

Bupati saat menyampaikan sambutan acara Pencanangan HKG

”Saya berharap, TP PKK Kabupaten Purworejo dapat terus meningkatkan peran yang lebih signifikan dalam memajukan masyarakat, dan mewujudkan komitmen untuk bersama-sama mempercepat program-program TP PKK. Selain itu juga berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Purworejo,” pesannya.

Adapun Ketua TP PKK Erna Setyowati melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan peranan TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang strategis, dalam mendukung terlaksananya 10 Program Pokok PKK.

Selain itu, juga sebagai forum koordinasi, konsultasi dan diskusi TP PKK dengan para kader di tingkat desa. Disamping itu juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas kader PKK di Kabupaten Purworejo. (Ita)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *