Beranda ยป Seru, Read Aloud Purworejo Kembali Giatkan Literasi Anak dengan Membaca Nyaring

Seru, Read Aloud Purworejo Kembali Giatkan Literasi Anak dengan Membaca Nyaring

PURWOREJO, Komunitas membaca nyaring Read Aloud (RA) Purworejo kembali menggiatkan literasi dengan membacakan cerita kepada anak-anak usia dini. Kali ini RA berkolaborasi dengan UMKM JoyoMulyo yang sedang menyelenggarakan HUT di lingkungan Kecamatan Purworejo. Rangkaian kegiatan HUT yang digelar mulai Sabtu hingga Minggu (22-23/6) tersebut dikemas dengan berbagai acara. Berupa lomba mewarnai dan melukis, pameran UMKM, edukasi reptil, serta lomba memasak non terigu.

Dari total 120 anak peserta lomba, ada sekitar 50 anak didampingi orangtuanya yang masih berada di pendopo kecamatan. Setelah mengikuti lomba mereka mengikuti edukasi reptil oleh Heru si Gundul jejak petualang. Tim RA Purworejo yang diketuai oleh Asri Hidayati, mengisi acara setelah edukasi reptil, sembari para peserta lomba mewarnai menunggu hasil kejuaraan.

Menurut Asri tujuan kegiatan ini adalah untuk mengajak anak-anak dan orangtua dari segala lini untuk lebih tertarik akan pentingnya membacakan nyaring. “Mungkin masih belum banyak masyarakat yang familiar dengan read aloud atau membacakan nyaring. Namun RA Purworejo berharap langkah kecil ini bisa dirutinkan dan memberikan virus baik sehingga anak anak mulai senang dengan buku,” ungkap Asri.

Salah satu anggota RA, Herdiana membacakan sebuah buku berjudul Saat Soo Berpikir menggunakan media proyektor. Buku yang mengisahkan tentang seorang anak dengan berbagai macam isi pikirannya, dibacakan oleh Herdiana dengan ekspresif sehingga mampu menghipnotis para peserta lomba.

Peserta lomba mengggambar antusias mengikuti kegiatan read aloud

Dijelaskan oleh Asri, buku Saat Soo Berpikir ini memiliki korelasi dengan para peserta lomba. Hal itu karena diceritakan bahwa Soo adalah seorang anak yang hobi menggambar. Ia ingin menggambar dunia yang sangat luas dan penuh warna. Soo bersama teman-temannya di sekolah saling menggambar bentuk wajah dan warna-warni ekspresinya.

Anak-anak sangat antusias ketika Nana, sapaan akrab Herdiana mulai memberikan berbagai pertanyaan dengan mereview buku yang sudah dibacakan. Apalagi peserta yang dapat menjawab diberikan hadiah sebuah buku cerita. Mereka berlomba-lomba mengacungkan tangan ingin segera menjawab.

Tidak hanya membacakan cerita, tim RA juga memperkenalkan kepada peserta sebuah big book. Yaitu buku bergambar yang dipilih untuk diperbesar, baik teks maupun gambarnya.

Kegiatan ini tidak hanya menghibur, namun juga memberikan pengalaman yang menyenangkan dan edukatif bagi para peserta. Nana menegaskan, tim read aloud akan melanjutkan misi cerita keliling ini dengan menggandeng lebih banyak komunitas maupun event untuk bekerjasama. (Ita)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *